Thursday, 15 November 2018

Ilmuwan Nuklir Tewas Akibat Ledakan Mobil

Rabu, 11 Januari 2012 — 21:29 WIB
tehran-bomb

TEHERAN (Pos Kota) РSebuah ledakan terjadi di ibu kota Iran, Teheran, pada hari Rabu (11/1). Ledakan itu menewaskan seorang profesor  yang dilaporkan bekerja di sebuah fasilitas nuklir di negara itu.

Otoritas Iran menyatakan sebuah mobil yang tengah melaju meledak secara tiba-tiba. Dua pria di dalam kendaraan itu tewas, sementara seorang lainnya terluka.

Mostafa Ahmadi Roshan, direktur pabrik pengayaan uranium, tewas seketika setelah terlempar dari mobil.

Kantor berita Iran melaporkan bahwa satu dari dua pria yang tewas tersebut adalah profesor yang berumur 32 tahun. Ia terlibat dalam pengembangan nuklir, dan bekerja di sebuah fasilitas pengayaan nuklir di Natanz, Iran tengah.

Menurut otoritas Iran, seseorang yang mengendarai sepeda motor mendekati mobil yang sedang melaju tersebut, lalu menanamkan sebuah bom. Otoritas Iran menyalahkan agen intelijen Israel atas terjadinya insiden tersebut.

Kematian mr Roshan merupakan pukulan pahit bagi program nuklir Iran. Ilmuwan 32-tahun itu dipandang sebagai salah satu spesialis terkemuka di lapisan polimer untuk membangun pemisahan gas.

Serangan serupa dua tahun lalu membunuh profesor Universitas Teheran Masoud Ali Mohammadi, seorang profesor fisika senior. Dia meninggal ketika sepeda motor bom meledak dekat mobil saat ia hendak berangkat kerja.

Pada November 2010, serangan bom di ibukota juga menewaskan seorang ilmuwan nuklir dan melukai lainnya.. (NHK/dms)