Sunday, 18 November 2018

Tahun Naga Air Menuju Perkasa

Kamis, 12 Januari 2012 — 17:36 WIB
vihara

SUKABUMI (Pos Kota) – Menjelang penyambutan tahun baru Imlek 2563, sejumlah vihara di Kota Sukabumi, Jawa Barat mulai dibenahi. Berbagai hiasan dan ornamen benuansa Gong Xi Fa Chai sudah mulai terlihat di beberapa Vihara.

Pembenahan dan persiapan tempat ibadah di Vihara Wirasakti, misalnya. Di Vihara yang berlokasi di Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi ini mulai lebih ditata rapi. Mulai kebersihan tempat ibadah hingga penambahan sarana prasarana, seperti dupa dan lilin.

“Persiapan ini untuk menyambut pergantian tahun Kelinci ke Tahun Naga Air yang jatuh pada tanggal 23 Januari. Mulai penataan tempat dan fasilitas kita lakukan,” kata pengurus Vihara Wirasakti, Bob Gunawan.

Disebutkan Bob, dalam pelaksanaan Imlek viharanya bisa menampung umat hingga 500 orang. Menurutnya, pergantian tahun kali ini sangat bermakna. Pasalnya, Tahun  Naga Air yang mengandung makna Naga berarti kuat atau perkasa. Sementara air bertajuk halus mengalir dan jernih.

Dewan Pengurus Kelenteng Kota Sukabumi Bambang Hariyanto menambahkan untuk acara puncak penutupan Tahun Baru 2563 Imlek akan dilaksanakan pada tanggal 12 Februari yakni Cap Go Meh. Rencananya akan dirayakan dengan cara berkeliling Kota Sukabumi.
“Di Kota Sukabumi lima vihara yaitu Vihara Wirasakti, Wimala Kirti, Meta Maitrea, Tri Darma, dan Vihara Darma Ratna,” jelasnya.

(sule/sir)