Thursday, 20 September 2018

Tebing Jalan Antasari Longsor

Kamis, 12 Januari 2012 — 23:13 WIB
longsor-aa

CILANDAK (Pos Kota) – Tebing atau tanah terjal di pinggir Jl. Raya Pangeran Antasari arah ke RS. Fatmawati, di  dekat kolong jembatan Jl. Arteri TB Simatupang longsor. Akibatnya, kemacetan dan antrean panjang terjadi di ruas Jl. Arteri TB Simatupang dari arah Pondok Indah maupun Ragunan serta Jl. Raya Pangeran Antasari.

Longsornya tebing yang dipondasi dengan batu kali diduga karena tak kuat menahan rembesan air karena hujan beberapa hari belakangan ini. Akibatnya, ruas jalan arteri Tb Simatupang persis di samping kolong jembatan depan sekolah Globa School, Cilandak terjadi antrean dan kemacetan panjang.

“Longsornya memang tak seberapa parah karena tanah atau tebing setinggi lima meter tertahan batu pondasi tembok serta akar pohon yang ada,” kata Ny. Lina, warga Pondok Labu, Cilandak, Kamis (12/1) sekitar Pk. 15:00.

Menurut dia, kemacetan terjadi karena badan jalan yang hanya memiliki lebar enam meter terpaksa sekitar dua meter ditutup dengan garis polis lane sehingga kendaraan dari arah Jl. Pangeran Antasari menuju Cilandak harus perlahan mulai dari Pasar Inpres Cipete atau pertigaan Jl. Jeruk Purut Raya.

Tak hanya terjadi di ruas Jl. Raya Pangeran Antasari saja tapi antrean dan kemacetan juga terjadi di ruas Jl. Arteri TB Simatupang arah Cilandak – Ragunan maupun sebaliknya. Karena sebagian besar kendaraan yang ingin berputar arah dibawah kolong jembatan harus perlahan dan antre melewati tebing yang longsor.

Walikota Jaksel Anas Efendi didampingi Camat Cilandak Said Ali, mengakui adanya tebing di samping sekolah atau persis di mulut kolong jembatan Jl. Arteri TB Simatupang terjadi longsor diduga akibat tak kuat menahan beban resapan air di kawasan tersebut.

“Saya sudah minta instansi terkait khususnya pihak Sudin PU Jalan dan lainnya berkoordinasi untuk menanggani tebing yang longsir sepanjang tujuhmeter agar tak membahayakan pemakai jalan maupun kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut,” katanya.

(anton/sir)