Wednesday, 19 September 2018

Truk Antre Berjam-jam di Merak

Jumat, 13 Januari 2012 — 23:21 WIB
antre-n2

MERAK (Pos Kota) – Ribuan truk bermuatan barang nonsembako mengantre memenuhi area Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Bahkan antrian kendaraan berat yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung nampak mengular hingga masuk jalan Tol Tangerang-Merak.

Penumpukan truk di Pelabuhan Merak ini disebabkan adanya gelombang tinggi disertai angin kencang yang melanda perairan Selat Sunda.

Akibat kapal-kapal terhambat aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Merak ini, sejumlah sopir truk terpaksa harus menghabiskan berjam-jam untuk dapat masuk k edalam kapal.

“Saya sudah hampir 3 jam antri, sampai sekarang masih diluar dermaga pelabuhan. Saya tidak tahu nanti jam berapa bisa masuk kapal,” kata Dadang, 42, seorang sopir truk yang mengangkut barang kelontongan di jalur arteri Cikuasa Atas, Jumat (13/1/2012).

Senada dikatakan Suherman, 42, supir truk yang mengakut spare part kendaraan mengaku, dirinya sudah antre sejak pukul 06:00 WIB, namun baru bisa sampai depan dermaga pukul 11:00 WIB. “Tapi kalau cuacanya seperti sekarang bisa dimaklumi, yang penting kita selamat sampai tujuan,” ujar pria yang hendak mengirim barang bawaannya ke Bandar Lampung itu.

Dalam rilis yang disampaikan ke Pos Kota melalui SMS, Christine Hutabarat, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry membenarkan adanya antrian truk diareal dermaga hingga keluar pelabuhan yang disebabkan cuaca buruk.

“Kondisi angin saat ini diatas ambang normal. Kapal-kapal sulit sandar karena gelombang cukup kuat. PT ASDP mematuhi semua instruksi dari Syahbandar terkait ijin penyeberangan. Ini kami lakukan demi keselamatan bersama,” kata Christine.

Lebihlanjut dikatakan, ASDP Pelabuhan Merak saat ini mengoperasikan 25 kapal dengan jumlah selama 24 jam sebanyak 80 trip. “Namun arus dan alun yang kuat menyebabkan penyeberangan terganggu sehingga mengakibatkan kendaraan harus menunggu lebih lama untuk menyeberang,” terangnya seraya menambahkan jumlah kendaraan yang telah diseberangkan sebanyak 4.817 unit.

(haryono/sir)