Wednesday, 26 September 2018

Bikin e-KTP di Tempat Tidur

Sabtu, 14 Januari 2012 — 22:42 WIB
INUNG foto Petugas melakukan rekam data dirumah warga yang menderita sakit di Mangga Dua Selatan. (inung) copy

SAWAH BESAR (Pos Kota) – Memaksimalkan pelayanan e-KTP kepada warga, Sudin Dukcapil Jakpus melakukan pelayanan jemput bola. Para petugas ini menyisir permukiman warga dengan sepeda motor untuk melakukan rekam data kepada warga yang sakit atau sudah tua. Rekam data dilakukan di rumah bahkan di atas tempat tidur.

“Kalau perlu, warga yang sakit nggak perlu bangun dari tempat tidurnya. Petugas kami yang akan mendatanginya,” ujar Kepala Sudin Dukcapil Jakpus, Muhammad Hatta, saat menggelar layanan jemput bola di Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakpus, Sabtu (14/1).

Hatta mengakui rekam data model jemput bola ini menjadi salah satu strategi untuk memaksimalkan layanan kependudukan kepada warga. “Kami juga ingin agar jumlah warga yang tidak terlayani e-KTP bisa diminimalisir, atau kalau bisa ditiadakan,” tambahnya.

Menurut Hatta, prinsip dari layanan jemput bola tersebut adalah mendekatkan layanan kepada warga yang memiliki gangguan kesehatan. Dengan cara ini mereka tidak perlu direpotkan untuk mendatangi kantor kelurahan. Rekam data akan dilakukan oleh petugas di rumah mereka bahkan di atas tempat tidur sekalipun.

Petugas yang berkeliling menggunakan sepeda motor dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti sidik jari, iris mata, laptop, layar dan modem eksternal. Setiap harinya, ada enam petugas yang disiapkan dan bertugas secara bergantian mendatangi rumah warga sesuai dengan permintaan dari kelurahan.

Satu warga mengaku sangat senang dengan pelayanan e-KTP dengan sistem jemput bola. “Saya nggak perlu repot ke kelurahan. Mereka sudah datang ke sini,” ujar Hartono Gunawan, warga Jalan P. Jayakarta RT 007/07 yang menderita stroke lebih dari enam tahun.

Selain Hartono, petugas juga berhasil melayani tiga warga lainnya yakni Emin warga Gg Tanaka RT 008 / 07 yang sudah lima tahun stroke, Tumirah, warga Jl. Mangga Besar 13 RT 011/ 02, akibat sakit pengapuran yang membuatnya lumpuh dan Tju Tjhiung Sen, warga Jl. Mangga Besar 13 RT 011/ 02 yang menderita patah tulang. (inung/b)

Teks Foto:
Petugas melakukan rekam data di rumah warga yang menderita sakit di Mangga Dua Selatan. (inung)