Tuesday, 18 September 2018

PM Jepang Juga Kocok Ulang Kabinetnya

Sabtu, 14 Januari 2012 — 11:32 WIB
pm-jepang

TOKYO (Pos Kota) – Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda telah melakukan penyusunan ulang terhadap kabinetnya yang populer disebut dengan reshufle.

Lima menteri secara resmi ditunjuk dalam sebuah upacara pengukuhan di Istana Kekaisaran pada hari Jumat.

Mantan Sekretaris Jenderal partai berkuasa, Partai Demokratik, Katsuya Okada ditunjuk sebagai wakil perdana menteri. Okada juga menjadi menteri yang bertanggung jawab untuk urusan reformasi sistem jaminan sosial, perpajakan dan administratif.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokratik Naoki Tanaka menduduki posisi menteri pertahanan. Sementara Kepala Urusan Parlemen, Hirofumi Hirano menjabat sebagai menteri pendidikan.

Posisi menteri kehakiman dipercayakan kepada Toshio Ogawa, Sekjen Partai Demokratik di Majelis Tinggi.

Mantan wakil senior menteri pertanahan Jin Matsubara kini menjabat sebagai menteri yang bertanggung jawab atas urusan penculikan dan kepala Komisi Keselamatan Publik Nasional.

Hari ini kabinet itu melakukan pertemuan pertama untuk mengesahkan sejumlah kebijakan-kebijakan dasar.

Dalam kebijakan dasar itu disebutkan bahwa kabinet akan memberikan prioritas utama kepada pembangunan kembali pasca gempa 11 Maret serta mengendalikan PLTN Fukushima Daiichi yang rusak.

Kabinet berjanji untuk melaksanakan reformasi jaminan sosial dan perpajakan, dan para anggota kabinet akan menjelaskan pentingnya reformasi itu kepada masyarakat.

Kabinet juga berjanji untuk memangkas pemborosan anggaran dengan menjalankan reformasi administratif dan fiskal. Hal ini ditujukan untuk meraih dukungan publik terhadap usulan-usulan kebijakan, termasuk kenaikan pajak konsumsi. (NHK/dms)