Wednesday, 21 November 2018

Wisatawan Belanda Tetap Terbanyak

Sabtu, 14 Januari 2012 — 11:02 WIB
turis-belanda

ULTRECHT (Pos Kota) – Vakantiebeurs atau Bursa Wisata kembali digelar di kota Utrecht, Belanda. Indonesia, untuk keempat kalinya berturut-turut, ambil bagian dalam bursa itu. Hasilnya? wisatawan Belanda menduduki peringkat pertama turis Eropa yang mengunjungi Indonesia.

Kedekatan antara Belanda dan Indonesia tak dapat dipungkiri. Hal itu pula yang mendasari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan Belanda sebagai salah satu pasar sasaran utama.

Dalam Vakantiebeurs kali ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak biro perjalanan Indonesia bergabung mengisi booth mereka dan menjual Indonesia.

Ada kurang lebih sepuluh biro perjalanan yang memenuhi booth Kementerian Pariwisata, sebagaimana dilaporkan RNW – Radio Nedherland Wereldomroep. .

MENINGKAT

Menurut Molly Prabawaty kepala divisi promosi untuk Eropa barat yang ditemui di sela-sela pameran Bursa Wisata, di Utrecht kepada Radio Nederland mengatakan, keberadaan Indonesia di pasar bursa meningkatkan kunjungan wisatawan Belanda.

“Contohnya tahun 2011 terjadi peningkatan hampir tiga persen. Turis Belanda sampai November 2011 mencapai 146 ribu,” timpalnya. Untuk tahun 2012 ini target wisatawan Belanda ke Indonesia ditingkatkan menjadi 155 ribu.

Jadi tutur Molly pihaknya akan berusaha sekuat tenaga agar wisatawan mancanegara bisa berkunjung ke Indonesia. Ia optimis dengan kenaikan itu, ditambah dukungan Garuda Indonesia yang terbang langsung dari Amsterdam ke Jakarta.

PASAR POTENSIAL

“Kami tidak akan meninggalkan pasar ini (Belanda) karena pasar ini sangat potensial dan punya nilai sejarah,” tuturnya.

Mengatasi masalah infrastruktur di daerah, Molly mengatakan akan berkoordinasi agar pihak daerah menyiapkan sarana infrastruktur dengan baik.

Sementara itu Bali merupakan daerah wisata yang sangat diminati oleh turis asing. Namun wilayah lain seperti Papua, Lombok dan Kalimantan juga mulai dilirik oleh para wisatawan asing. Yang diminati oleh wisman di Indonesia adalah pantai disusul hutan untuk adventure.

Namun jangan kaget karena yang datang mengunjungi booth Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kebanyakan terdiri dari orang Belanda yang sudah lanjut usia. (RNW/dms)