Saturday, 22 September 2018

Harga Telor di Bandung Meroket

Minggu, 15 Januari 2012 — 10:18 WIB
telor-15

BANDUNG (Pos Kota) – Setelah beras yang terus merangkak naik, di Bandung, Jawa Barat, Minggu giliran telur angkat bicara. Ibu rumah tangga, warung dan agen kalangkabut pasalnya harga telur mendadak naik menjadi Rp 20 ribu/kg¬† sebelumnya Rp 17 ribu/kg. Bahkan, di warung-warung harga telur kini ada yang menjual Rp 19-20 ribu/kg. Patra distributor menduga kuat kenaikan telur yang mendadak ini diakibatkan banyak ayam petelor yang mati karena cuaca ekstrem ditambah harga pakanan ayam kini meroket. “Dua faktor ini yang kini sedang menerpa peternak ayam petelor,” kata Jajat,49, seorang distributor telor di Kiaracondong Bandung, Minggu.

Dia mengungkapkan, kenaikan harga telor yang kini mencapai Rp 19 – 20 ribu mulai berlaku Sabtu siang. Semua distributor¬† dan penjelua telur di Bandung termasuk di pasar tradsional ramai-ramai menaikan harga telur sebesar itu. ” Dengan adanya kenaikan kami langsung mengirim SMS ke sejumlah pelanggan. Isi pesan tiada lain memberitahukan jika telur naik cukup besar,” ujarnya. Olehkarena itu, untuk memberikan keringan kepada masyarakat dia meminta supaya pemerintah segera mengerem harga telur supaya tidak naik, dan kalu bisa ditekan supaya turun kembali. ” Kasihan rakyat kecil, beras sudah naik, kini ditambah telur. Jadi apalagi yang mau naik,” tandasnya.

Agen telur di pasar Ciwastra, Udung,40, menandaskan, kenaikan telur yang dinilai mendadak ini sangat mengejutkan para agen dan pengecer. Sebenarnya, kata dia, telur itu sudah mengalami kenaikan sejak tahun baru lalu. Hanya, kenaikan itu relatif kecil Rp 500/kg. Sedang Sabtu, kenaikan ini sangat lumayn hampir mencapai Rp 2000-3000/kg.

Udung memaparkan, berdasar keterangan yang diperoleh dari produsen telor, kenaikan ini dipicu akibat adanya musim hujan. Banyak ayam petelor di peternak akibat gangguan cuaca. Sedang penyebab lainnya, kenaikan harga pakan yang cukup besar. “Kami hanya berharap supaya pemerintah mengembalikan kestabilan harga te.lur ke harga murah dan terjangkau,” ujarnya.

(dono/sir)