Wednesday, 26 September 2018

Hujan, Warga Tetap Kerja Bakti

Minggu, 15 Januari 2012 — 17:04 WIB
bakti-15

KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Kendati diguyur hujan, tak menyurutkan warga dan pamong untuk kerja bakti membersihkan lingkungan. Hasilnya 150 meter kubik (M3) sampah diangkat dari Kali Jelawe di Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (15/1/2012).

“Ancaman banjir sudah di depan mata. Meminimalisir banjir, kami bersama warga kini menggenjot kerja bakti lingkungan,” kata Camat Kebayoran Baru, Mahludin didampingi Lurah Gandaria Utara, Lukmansyah saat kerja bakti di 4 RW di Kelurahan Gandaria Utara.

Dalam kerja bakti massal di 4 RW terkumpul 150 M3 sampah yang diangkuti dari badan Kali Jelawe. Ratusan sampah itu langsung diangkuti ke 4 truk Dinas Kebersihan Jakarta.

Usai dibersihkan, kali yang tinggal tersisa 2-3 meter tampak lumayan bersih. Aliran air jadi lancar meski masih terlihat ada pendangkalan akibat sedimentasi lumpur.

“Untuk sedimentasi lumpur sulit dibersihkan sehingga perlu dibantu dinas terkait khususnya Sudin PU Tata Air Jaksel,” tandas camat.

Lurah Gandaria Utara, Lukmansyah mengatakan keempat RW yang dilewati Kali Jelawe adalah RW 03, 08, 011, dan 012. Kawasan tersebut kerap tergenang air jika hujan hingga 50 Cm meski cepat menyurut.

“Kerja bakti rutin ini akan terus kami lancarkan menyusul makin meningkatnya intensitas hujan,” ujar pak lurah.

Sri Nurbuati,62, warga  RT 015/03 mengharapkan pengerukan lumpur di Kali Jelawe bisa segera dilakukan Sudin PU Tata Air Jaksel supaya meningkatkan volume air sehingga mengurangi dampak banjir bagi lingkungan setempat.

“Warga bersama pamong sudah membersihkan sampah dari badan kali. Tinggal menunggu kapan kali ini akan dikeruk?” tanya Sri yang diamini sejumlah warga lainnya.

(rachmi/sir)