Tuesday, 25 September 2018

Kasal Tabur Bunga Dari Atas KRI

Minggu, 15 Januari 2012 — 14:23 WIB
tabur-bunga-15

SURABAYA (Pos Kota) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno memimpin upacara dalam memperingati Hari Dharma Samudera di atas geladak KRI Makasar-590 yang bertolak dari dermaga Komando Armada Timur (Koarmatim) Surabaya.

Diawali dengan Upacara kemiliteran dan dilanjutkan acara tabur bunga serta pelarungan karangan bunga ke laut sambil berlayar di sekitar perairan Surabaya, Jawa Timur, Minggu (15/1/2012).

Tanggal 15 Januari sendiri ditetapkan sebagai Hari Dharma Samudera diambil dari peristiwa pertempuran Laut Aru pada tahun 1962, yang merupakan puncak dari perjuangan dan patriotisme putra-putra bahari terbaik dalam mempertahankan negara di laut. Dalam pertempuran ini telah gugur Pahlawan Nasional Komodor Yos Soedarso yang saat itu ikut di atas KRI Macantutul.
Pada kesempatan tersebut, Kasal menyampaikan tali asih kepada pelaku sejarah perang Laut Aru dan perwakilan ahli waris keluarga pejuang pertempuran Laut Aru. Selain itu, diserahkan pula hadiah kepada pemenang lomba karya tulis ilmiah dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera baik untuk kalangan TNI AL maupun masyarakat umum dengan tema kelautan.

Pemenang lomba karya tulis ilmiah untuk lingkungan TNI AL diraih oleh Mayor Laut (T) Mei Edi Prayitno, S.T  dari  Satlinlamil Jakarta dengan judul “Heroisme Pertempuran Laut Aru Sebagai Pendorong Dalam Konsepsi Penyelenggaraan Program Studi S-1  Jurusan Teknik Kapal Perang di STTAL Guna Mewujudkan Kemandirian Alutsista TNI AL Dalam Rangka Kejayaan Maritim Indonesia”.

Juara II diraih oleh Mayor Laut (S) Yohanis Bassang, S.E,M.Si., dari Lantamal II Padang dengan judul “Optimalisasi Operasi Keamanan Laut di Wilayah Perairan Natuna Dalam Rangka Meminimalkan Illegal Fishing”. Ketiga adalah Drs. Edys Riyanto, M.Si.  dari Puspen TNI  dengan judul “Semangat Pahlawan Laut Aru Dalam Mengembalikan Kejayaan Bahari Bangsa Indonesia”.

Sementara itu, untuk kategori masyarakat umum Juara I diraih  oleh Wina Puspita Sari asal Bandung, dengan judul tulisan “Akselerasi Pembangunan Wilayah Negara Kepulauan Indonesia Untuk Mewujudkan Kedaulatan Maritim”. Sebagai juara II Dwi Septyan Waluyo asal Surabaya dengan judul “Perancangan Rising Depth Charge Sebagai Alutsista Pendukung Pasukan Khusus TNI AL Dalam Operasi Bawah Laut”. Dan sebagai juara III Dewi Bunga asal Denpasar Bali, dengan judul Urgensi Penanggulangan Tindak Pidana Trans Nasional di Wilayah Maritim Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Selain itu, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno juga menyerahkan hadiah kepada, Kormensius Barus yang berprofesi sebagai Jurnalis, atas kesuksesannya dalam lomba  penulisan artikel di media cetak dengan judul artikel  “Menuju Negeri Maritim Dengan TNI AL yang Handal”, dimana artikelnya telah dimuat di Majalah Business Review.

Turut hadir, para Asisten Kepala Staf Angkatan Laut, para Panglima Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut, para pejabat teras Mabesal, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Lilik Soeparno beserta sejumlah pengurusnya, para pejabat militer dan sipil, serta tamu undangan lainnya.

(dispenal/sir)