Wednesday, 12 December 2018

Tol Merak Banjir, Arah Jakarta Terputus

Minggu, 15 Januari 2012 — 9:38 WIB
tol-sub-hl

SERANG (Pos Kota) – Jalur Tol Tangerang – Merak akhirnya terputus menyusul meluap Sungai Ciujung di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang. Akses menuju Jakarta maupun Pelabuhan Merak kini hanya bisa dilalui melalui jalur arteri atau jalur lama. Terjangan di jalan bebas hambatan ini antara Km 57 hingga 59 atau sekitar 2 km.

Pantuan Pos Kota, banjir di tol yang menghubungkan Jakarta-Merak ini terjadi sekitar Minggu (15/1) sekitar pukul 00:10. Meski sudah direndam banjir, arus kendaraan dari arah Jakarta maupun Merak masih dapat melintas dikarenakan ketinggian masih berkisar setengah meter. Sekitar pukul 02:00, air semakin meninggi, jenis kendaraan sedan mulai tak dapat melintas.

Tak lama kemudian, akibat derasnya arus, kendaraan mini bus seperti avanza pun mulai tak dapat melintas. Beberapa kendaraan yang memaksa melintas akhirnya terjebak banjir dan banyak yang mogok. Sedikitnya 2 kendaraan tronton terperosok di pinggir tol akibat jalan tertutup air.

Petugas PJR Induk Serang Timur maupun PT Marga Mandala Sakti (MMS) akhirnya memutuskan untuk mengalihkan arus. Di gerbang Tol Cikupa, seluruh kendaraan yang masuk di tol, diingatkan agar keluar melalui pintu Balaraja Barat dan selanjutnya menggunakan jalur arteri. Sedangkan kendaraan yang datang dari arah Merak dialihkan melalui gerbang tol Ciujung.

(haryono/sir)