Monday, 27 May 2019

Walikota Nilai Toga Banyak Manfaat

Minggu, 15 Januari 2012 — 6:34 WIB
pkk-15

CENGKARENG (Pos Kota) –Walikota Jakarta Barat H.Burhanuddin menilai Taman Obat Keluarga (Toga) sangat besar manfaatnya, selain membuat lingkungan hijau, asri, sejuk, mempererat hubungan antar warga setempat. “Sebaiknya setiap RW ada atau taman interaktifnya,” kata Wali Kota Jakarta Barat H Burhanuddin, ketika meninjau toga di Jalan Cemara RT 009 dan 008/08 Kelurahan Duri Kosambi Kecamatan Cengkareng.

Walikota berharap warga dapat memanfaatkan lahan yang belum terpakai untuk dijadikan toga/taman interaktif.”Aparat dan instansi terkait akan mendukung masyarakat yang bersedia lahannya dimanfaatkan sebagai toga.daripada tidak terawat.”katanya.

Diakui, menjaga dan merawat lebih sulit disbanding menanam, namun walikota yakin jika dirawat bersama-sama antara warga dilingkungan mengikut sertakan PKK baik ditingkat RT dan PKK RW.”Kami yakin dengan kebersamaan akan terawatt dan bermanfaat.”harapnya.

Ketua TP PKK Jakarta Barat Hj Emma Suhaema,optimis  Toga di Duri Kosambi ini jika diikuti penilaian akan memperoleh prediket terbaik karena Toga di lokasi ini tidak hanya jenis pohon obat, tapi dilengkapi dengan tanaman jenis sayuran bahkan ada pohon produktif juga.”Ini tidak hanya mendukung program pemerintah, tapi juga memberikan pengetahun kepada warga sekitar jenis tanaman obat dan yang untuk dikonsumsi.”tuturnya.

Menurut Hasan Ketua RT.009/08, lahan Toga ini luasnya sekitar 2.000M2 dan sudah memperoleh izin dari 6 pemilik lahan agar lahannya terawatt.”Di wilayah RT kami ada sekitar 20 taman Toga karena warga memahami manfaatnya.”ujarnya.

(herman/sir)