Monday, 12 November 2018

Warga Tumpah Ruah Kegiatan HBKB

Minggu, 15 Januari 2012 — 21:45 WIB
sepeda

CAKUNG (Pos Kota) – Ratusan warga Kecamatan Cakung dan sekitarnya tumpah ruah mengikuti kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day yang digelar di kawasan Jakarta Garden City, Kelurahan Cakung Timur, Cakung, Jaktim, Minggu (15/1). Ini merupakan HBKB pertama yang diadakan di tingkat kecamatan di wilayah Jaktim.

Besarnya antusiasme warga dalam HBKB tersebut disambut gembira Wakil Walikota Jaktim, H.R Krisdianto. Menurutnya, hal tersebut merupakan petunjuk bahwa masyarakat sudah semakin peduli terhadap kelestarian alam.

“Kegiatan ini juga untuk mendukung dipertahankannya predikat Kota Langit Biru atau kota dengan kualitas udara terbersih di Indonesia yang didapat oleh Jaktim,” Kata Krisdianto, yang membuka kegiatan HBKB tersebut.

Pelaksanaan HBKB ini, terangnya, merupakan tindak lanjut dari Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 78 Tahun 2011 tentang pelaksanaan HBKB Pada Kawasan Tertentu. Dia juga memaparkan, pada tahun 2012 ini, HBKB akan dilaksanakan sebanyak 12 kali atau setiap bulan sekali di wilayah Jaktim.

“Untuk pertama kalinya di Jakarta Timur pelaksanaan HBKB diadakan di Kecamatan Cakung tepatnya di perumahan Jakarta Garden City dan untuk pelaksanaan kedua atau bulan Februari diadakan di Kecamatan Pasar Rebo, tepatnya di Jl. Gongseng sampai dengan Jl. Kalisari 3,” urai Krisdianto.

Pada kesempatan tersebut, Krisdianto, juga menyampaikan harapan akan adanya partisipasi seluruh unsur masyarakat dan stakeholder untuk turut mensukseskan upaya penurunan pencemaran udara di Jaktim, melalui penyelenggaraan HBKB ini.

“Peran serta masyarakat selama pelaksanaan HBKB juga terus meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir memanfaatkan HBKB sebagai wadah interaksi, sosialisasi, olahraga dan rekreasi,” kata Krisdianto.

Sementara itu, Camat Cakung, Lukman Hakim mengatakan, untuk mesukseskan kegiatan ini dilakukan penutupan ruas jalan di lingkungan Jakarta Garden City, agar steril dari kendaraan bermotor, mulai pukul 06:00-12:00 . “Kegiatan ini didukung oleh Kantor Lingkungan Hidup Jaktim, Sudin Perhubungan Jaktim, Polsek Cakung, pihak pengembang perumahan Jakarta Garden City, seluruh lurah, dan masyarakat se-Kecamatan Cakung,” ujarnya.

Berbagai acara digelar untuk meramaikan kegiatan HBKB  ini. Mulai dari sepeda santai, senam aerobic, futsal hingga bazaar. Selain itu, hiburan musik dangdut juga disuguhkan panitia untuk menghibur masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan ini Wakil Walikota, Camat Cakung, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jaktim, Andriyansyah, Direktur Utama Jakarta Garden City Marius Setiyadi dan para pejabat lainnya, juga bersepeda santai mengelilingi kawasan perumahan Jakarta Garden City. Rute yang ditempuh sepanjang sekitar 6 km.

(yulian/sir)