Tuesday, 20 November 2018

Jembatan Bawah Jagorawi Bantu Warga

Senin, 16 Januari 2012 — 20:02 WIB
jembatan copy

BOGOR (Pos Kota) – Keberadaan jembatan alternatif di samping bawah  Tol Jagorawi  di Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang ini sangat membantu warga. Pasalnya, jembatan di atas Sungai Cikeas ini mempercepat akses warga  Kecamatan Sukaraja dan Babakan Madang berkativitas.

“Jika hendak ke Perumahan Sentul, Kecamatan Babakanmadang, sebelumnya kami harus memutar arah. Namun dengan adanya jembatan ini, jadi lebih cepat sebab tinggal memotong jalan,” terang  Muzafara, warga setempat, Senin (16/1/2012).

Menurutnya, dengan adanya jembatan dan jalan alternatif ini akses antara dua desa lebih cepat. Padahal, sebelum jembatan itu ada, warga harus memutar arah yang jaraknya bisa empat kali lipat. “Dulu kita memutar arah, jika naik ojek ongkosnya Rp 15 ribu sekarang cukup Rp 5 ribu,” timpal Zakaria, pengojek. Menurutnya, bila jalan alternatif ini tidak ada, biasanya untuk pergi kerja ke sekitar Perumahan Sentul memakan waktu 45 menit. “Adanya jembatan ini cuma 20 menitan,” katanya.

Reaksi senada diungkapkan Yuniar,34, karyawan sebuh tokok di pusat perbelanjaan  Bellanova  “Dulu, saya haru naik ojek, sekarang cukup jalan kakim,” katanya.

Camat Babakn Madang Budi Lukman Nulhakim mengatakan,  jembatan  dengan tinggi sekitar tujuh meteran dan panjang 12 meteran ini dibangun awal 2001 lalu setelah jembatan gantung yang dibangun swadaya oleh warga tergusur oleh Tol Jagorawi. “Sejak dioperasikanya selama hampir 11 tahun jembatan ini mempermudah aktivitas warga dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua,” ujarnya.

(iwan/sir)