Wednesday, 21 November 2018

Kodam Jaya Siapkan Pasukan Penanggulangan Bencana

Senin, 16 Januari 2012 — 16:46 WIB
kodam--sub

JAKARTA (Pos Kota) – Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Waris sebagai inspektur upacara gelar pasukan penanggulangan bencana alam banjir di wilayah Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2012 bertempat di Lapangan Jayakarta Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No.5 Cililitan Jakarta Timur, Senin (16/1/2012).

Acara tersebut dihadiri Kepala Staf Kodam Jaya Brigjen TNI Edy Susanto, Irdam Jaya, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, para Perwira Staf Ahli Pangdam Jaya, Perwira LO AL dan AU, para Asisten Kasdam Jaya, para Kabalak jajaran Kodam Jaya, para Dansat jajaran Kodam Jaya serta pasukan penanggulangan bencana alam yang berjumlah 1000 orang.

Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Waris dalam amanatnya menyampaikan bahwa saat ini berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diperkirakan terdapat 15 provinsi berpotensi banjir tinggi pada Januari 2012 dan menjadi puncak musim penghujan. Salah satu provinsi yang potensi banjirnya cukup tinggi adalah DKI Jakarta. Kondisi tersebut apabila tidak diantisipasi, dapat menimbulkan kerugian baik personel maupun harta benda yang cukup besar. Dalam rangka mengantisipasi hal tersebut, Kodam Jaya/Jayakarta pada hari ini mengadakan gelar pasukan termasuk peralatannya, dengan melibatkan berbagai unsur terkait, baik satuan-satuan yang berada di bawah Kodam Jaya/Jayakarta, maupun dari luar Kodam Jaya/Jayakarta, termasuk instansi sipil yang membidangi hal ini. Dengan gelar pasukan ini, diharapkan Komando dapat melihat secara langsung, kesiapan satuan Jajaran Kodam Jaya/Jayakarta dalam pengerahan personel, materiil dan sarana lainnya yang sudah tersedia, maupun sarana dan prasarana yang masih dibutuhkan, dalam rangka mengantisipasi datangnya bencana banjir yang mungkin terjadi di Wilayah DKI Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok.

Lebih lanjut Pangdam Jaya menyampaikan bahwa Kodam Jaya/Jayakarta memiliki Satuan Tugas terpadu yang disebut Satuan Tugas Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (Satgas PBP). Satgas ini merupakan gabungan dari beberapa satuan Batalyon, Badan Pelaksana dan Satuan Kewilayahan dengan Tugas Pokok membantu Pemerintah Daerah jika sewaktu-waktu dibutuhkan, untuk mengatasi dan mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat dari bencana, khususnya banjir yang rutin dan hampir terjadi setiap tahun. Satgas ini telah terbukti manfaatnya setiap bencana banjir melanda Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin menegaskan kembali, bahwa Satgas ini masih sangat dibutuhkan kehadirannya, dalam menghadapi dan mengurangi dampak buruk akibat bencana khususnya bencana banjir.

Pangdam Jaya juga mengharapkan agar Satgas ini dapat memainkan perannya secara maksimal. untuk itu sarana dan prasarana yang dimiliki harus selalu siap pakai dengan didukung oleh personel yang terlatih, sigap, ikhlas dan berdedikasi tinggi. Disamping itu kegiatan ini harus dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai antisipasi penanggulangan bencana banjir yang melanda di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Autentikasi:

Kapendam Jaya
Kolonel Inf Adrian Ponto SH