Saturday, 22 September 2018

Pengganti Stadion Punya Akses KA

Senin, 16 Januari 2012 — 19:50 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Stadion pengganti Lebak Bulus yang bakal tergusur akibat pembangunan kereta bawah tanah atau subway atau Mass Rapid Transit (MRT) harus memiliki akses kereta api. Sehingga pengunjung stadion tidak hanya semata mengandalkan jalan raya untuk menyaksikan pertandingan oleh raga.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, menyatakan bahwa pihakya telah menetapkan lokasi pengganti stadion berada di Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Pasalnya ke depan, PT Kereta Api bakal merevitalisasi kereta Serpong-Tanah Abang.

“Di masa depan pusat keramaian termasuk stadion harus memiliki akses transportasi berbasis rel. Siapa tau aja Real Madrid nanti main di Stadion Pesanggrahan. Kan warga ga perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk menontonya,” ujar Fauzi berseloroh, Senin (16/1/2012).

Secara terpisah, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta, Ratiyono menjelaskan lahan pengganti stadion Lebakbulus yang disiapkan seluas 4,5 hektar. Diperkirakan, pembangunan fisik akan dimulai pada tahun 2013. “Saat ini masih dalam proses pembayaran lahan,” kata Ratiyono.

Sedangkan untuk pembangunan stadion pengganti, disiapkan dana sebesar Rp580 miliar yang bersifat multiyears yakni dari 2011-2013. Hingga saat ini, proses pembayaran lahan belum seluruhnya selesai. Setelah selesai pembayaran akan dilanjutkan lelang detail engineering design (DED) untuk stadion pengganti tersebut.

Rencananya stadion pengganti tersebut akan dibangun di RT 01/02 dan RT 06/01, Kel. Pesanggrahan, Kec, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Lahan tersebut persis terletak di samping ruas Jalan Tol Jakarta-Serpong.

Tepat dekat SMA Negeri 108. Seperti diketahui Stadion Lebak Bulus rencananya bakal dibongkar April tahun ini. Lokasi tersebut nantinya bakal digunakan sebagai depo kereta bawah tanah atau subway atau Mass Rapid Transit (MRT).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah mengkaji beberapa lokasi di Jakarta Selatan. Seperti di Jalan Fatmawati dan Jalan TB
Simatupang.

(guruh/sir)