Monday, 19 November 2018

Rekening Gendut Jenderal Polisi Lampaui Wajar

Senin, 16 Januari 2012 — 21:42 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Rekening gendut perwira tinggi (Pati) Polri, dinilai memang benar-benar ada. Duit yang disimpan di rekening perwira tinggi itu, jelas bukan dari gaji dan pendapatan resmi dari pengabdiannya kepada negara.

“Rekening jenderal Polri yang melampaui kewajaran itu saya percaya kebenarannya. Hanya, kalau nilainya, saya belum tahu persisnya. Kalau sudah sampai Rp1 triliun, masa iya, sih?” kata Irjen Pol (Purn) Farouk Muhammad, ketika dihubungi, Senin (16/1/2012).

Menurut dia, rekening gendut itu berkisar antara Rp 100 miliar sampai Rp500 miliar. Nilai rekening sebesar itu sudah sangat melampaui kewajaran, baik dilihat dari pangkat, jabatan dan lamanya memangku jabatan basah.
“Soal nilai yang tidak sampai Rp1 Triliun, itu masalah nomor dua. Yang lebih penting kita soroti adalah ketidakwajaran dalam rekening seorang petinggi Polri.”

Kalau mereka tidak punya bisnis, tapi punya rekening ratusan miliar, itu benar-benar melampaui kewajaran. “Yang menentukan perolehan uang, kan dari pangkat, jabatan, dan lamanya menjabat,” kata Ketua Panitia Akuntabilitas Publik (PAP) DPD RI itu.
Farouk menceritakan pengalamannya mendapat laporan soal rekening gendut perwira menengah polisi, meski bukan dari kalangan jenderal. Menurutnya, ketika masih aktif ada seorang istri dari seorang polisi berpangkat komisaris besar (Kombes). Farouk tidak mau menyebutkan nama perwira tersebut.

Saat itu sang istri sedang bermasalah dengan suaminya, sehingga mau membongkar soal kekayaan sang Kombes tersebut. “Harta Kombes itu mencapai di atas Rp20 miliar. Istrinya yang cerita, karena sedang menghadapi masalah dengan suaminya. Bagi saya, harta Kombes sebesar itu, cukup luar biasa kalau mengingat pangkatnya,” kata Farouk.

Menurut dia, harta perwira menengah itu tergolong melampaui kewajaran mengingat pangkat dan jabatannya yang masih seperti itu. Selain itu, dia juga tidak punya bisnis. “Ya, itu kan di luar kewajaran kalau hanya dari pendatan resmi. Mungkin dia mendapat dari hubungan-hubungan dengan pihak tertentu,” ujarnya.

(winoto/sir)

  • Si Dul

    Rekening spt itu sudah jamak….., bandingkan dengan Perwira-2 TNI…., jauh…..