Sunday, 23 September 2018

Jelang Imlek, Klenteng Bersih-Bersih

Selasa, 17 Januari 2012 — 8:27 WIB
klenteng-sub

SURABAYA (Pos Kota)-Perayaan Imlek 2563 yang akan berlangsung pada Senin (23/1)mendatang, di sejumlah klenteng atau tempat persembahyangan umat Tri Dharma di Kota Surabaya, Jawa Timur,  mulai menunjukkan aksinya menyambut hari yang sangat bersejarah bagi umat TiongHoa ini.

Di Klenteng Cokro atau klenteng Hong San Ko Tee Jl. Cokroaminoto Surabaya, Selasa (17/1/2012) nampak pekerja sedang membenahi beberapa bagian dari klenteng termasuk diantaranya membersihkan sudut-sudut altar persembahyangan.

“Sebenarnya, bersih-bersih klenteng memang sudah rutin dilakukan. Tetapi menjelang Imlek, ditambah. Kalau biasanya seminggu dua kali, sekarang ini hampir setiap hari dibersihkan. Umat mulai berdatangan,” ujar Luhur, satu diantara pengurus klenteng Cokro.

Ditemui sedang memantau beberapa pekerja lainnya yang sedang membersihkan tiang-tiang pilar klenteng yang dilengkapi dengan ukiran naga, Luhur menambahkan, bahwa makin dekat Imlek biasanya terus ramai, dan petugas yang membersihkan, tugasnya lebih berat.

“Kim Cua dan Hio, banyak dibakar kalau sembahyang Imlek. Dan itu memang harus terus dibersihkan supaya klenteng tetap bersih dan tidak terlihat kotor. Otomatis tugas pembersihnya makin berat itu,” terangnya.
Di klenteng lain, klenteng Boen Bio Jl. Kapasan, aktivitas membersihkan klenteng dijelaskan Handono satu diantara pengurus klenteng,sudah dilaksanakan sejak sekitar dua minggu yang lalu.

Menjelang Imlek 2563 yang bertepatan dengan Tahun Naga Air, menurut Luhur dan Handono, diperkirakan umat yang bersembahyang dimasing-masing klenteng di Kota Surabaya jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan Imlek tahun sebelumnya.

Persiapan dini dari berbagai tempat peribadatan ini diharapkan akan benar-benar siap dalam menyambut Tahun baru Imlek tahun ini. Kemeriahan juga sudah banyak terlihat di berbagai jalan yang terlihat bernuansa oriental.

(nurqomar/sir)