Friday, 21 September 2018

Kasal Buka Dikreg Seskoal

Selasa, 17 Januari 2012 — 14:08 WIB
seskoal-sub

JAKARTA (Pos Kota) РSekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) merupakan center of excellence dan pusat pengkajian strategis TNI AL, khususnya aspek pertahanan negara di laut. Dari lembaga ini sangat diharapkan adanya  kajian-kajian yang implementatif serta monumental tentang aspek maritim dan kelautan khususnya di bidang pertahanan negara di laut.

Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Soeparno, pada pembukaan Pendidikan Reguler (Dikreg) Siswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) angkatan ke-50, pada Selasa (17/1/2012), di Bumi Cipulir, Seskoal, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut Kasal Laksamana TNI Soeparno menegaskan, menjadi suatu hal yang mutlak bagi Seskoal untuk senantiasa berupaya memenuhi sepuluh komponen pendidikan sebagai prasyarat utama yang harus dikembangkan dan dibenahi dalam rangka memenuhi tuntutan tugasnya, Kata Kasal.

Pemutakhiran sepuluh komponen pendidikan secara terus menerus, di antaranya updating materi pendidikan yang sesuai dengan perkembangan Iptek dan lingkungan strategis, penyesuaian metode yang digunakan, serta penyempurnaan alins dan alongins yang diperlukan, peningkatan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dimana para dosen dan instruktur, serta personel pengawak Seskoal haruslah mampu mengimbangi perkembangan dengan cara senantiasa membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang memadai, tambah Kasal.

EVALUASI
Masih menurut Kasal, pelaksanaan pembenahan dan peningkatan komponen pendidikan tersebut, dilaksanakan secara inward looking dan outward looking. Inward looking dilaksanakan untuk mendapatkan bahan evaluasi dan introspeksi terhadap apa yang telah dan sedang berjalan, sedangkan outward looking dilaksanakan untuk terus mengikuti perkembangan Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) dan lingkungan strategis, tandas Kasal.

Pada pendidikan reguler Seskoal angkatan-50 tahun ini, diikuti oleh 150 Perwira Siswa baik dari lingkungan TNI AL, TNI AD, TNI AU, maupun Perwira Siswa yang berasal dari mancanegara. 150 peserta Dikreg Seskoal tersebut, terdiri dari 140  Perwira TNI AL, 2 Perwira TNI AD, 2 Perwira TNI AU, serta 6 Perwira mancanegara yang berasal dari Amerika Serikat, Australia, China, Singapura, Philipina, dan Malaysia.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut para Asisten Kasal, Panglima Komando Utama (Pangkotama) TNI AL, para Kepala Dinas di jajaran Markas Besar Angkatan Laut, para pejabat teras Seskoal dan tamu undangan lainnya.

(dispenal/syamsir)