Thursday, 20 September 2018

Menpera: Perumahan Swadaya Libatkan Warga

Selasa, 17 Januari 2012 — 14:31 WIB
menpera-sub

JAKARTA (Pos Kota)- Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz meminta program perumahan swadaya harus lebih melibatkan elemen masyarakat dari tiap propinsi dan kabupaten untuk tenaga pendamping pembangunannya.

“Program ini ini juga diharapkan lebih  memprioritaskan daerah dengan tingkat kemiskinan yang masih tinggi,” katanya, kemarin.

Untuk itu dia juga meminta agar para stafnya  dapat mencarikan pola untuk lebih melibatkan pemerintah daerah untuk tenaga pendampingan dalam pembangunan perumahan tersebut.

Menpera juga mengharap program perumahan swadaya dapat terinformasikan ke seluruh pimpinan pemerintah daerah baik Propinsi maupun Kabupaten/Kota sehingga para pimpinan pemerintah daerah dapat lebih mensinkronkan program perumahan swadaya dengan rencana pembangunan di daerah.

Program perumahan swadaya sebenarnya sangat diminati oleh pemerintah daerah, tapi terkadang infromasinya masih sangat terbatas. Diharapkan  sampai  tahun 2014 nanti sudah terbangun 1 juta rumah swadaya.

Lebih lanjut Menpera mengatakan program perumahan swadaya baiknya dapat terintegrasi dengan program pembangunan sektor lain yang mendukung peningkatan kesejahteraan rakyat. Jangan sampai antar program yang dibuat antara instansi  terpecah-pecah sehingga manfaat program perumahan swadaya kurang dirasakan oleh MBR (masyarakat berpenghasilan rendah-red).

(faisal/sir)