Friday, 21 September 2018

RSUD Jaksel Segera Dibangun di Simatupang

Selasa, 17 Januari 2012 — 22:59 WIB
proyek-n

JAKARTA (Pos Kota) – Setelah melalui pengkajian mendalam, Pemprov DKI
Jakarta memilih membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jakarta
Selatan di Jalan TB Simatupang.

Lokasi tersebut dipilih lantaran dinilai mudah diakses masyarakat, yakni tepat di sebelah Kebun Bibit Ragunan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati, lokasi tersebut paling ideal untuk dibanguan RSUD. Terlebih lahan yang berada dekat perempatan dengan Jalan RM Harsono itu sudah dimiliki Pemprov DKI.

Namun Dien mengaku belum mengetahui luas lahan yang nantinya dibangunan rumah sakit itu. “Minimal dibutuhkan tanah 3 hektare untuk membangun rumah sakit,” ujar Dien, Selasa (17/1).

Rencananya, RSUD Jaksel akan dibangun dengan nilai Rp185 miliar melalui obligasi daerah  yang saat ini Peraturan Daerah (Perda) nya masih dibahas oleh DPRD DKI Jakarta.

Dien mengatakan, Pemprov DKI Jakarta saat tengah membuat analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) untuk pembangunan RSUD Jaksel.

Sambil menyelesaikan perencanaan lainnya, seperti membuat Detail Engenering Design (DED) dan Perizinan Berdasarkan Undang-undang Ganguan.

RSUD yang memiliki kapasitas 432 tempat tidur ini ditargetkan rampung
akhir 2013. Mengenai desain pembangunannya, RSUD ini  mengacu konsep green hospital, dengan taman dan pohon-pohon di sebagian areal RSUD.

Seperti diketahui saat ini, hanya Jakarta Selatan yang tidak memiliki RSUD. Sedangkan wilayah lainnya sudah ada seperti RS Tarakan Jakarta Pusat, RS Budhi Asih dan RS Pasar Rebo, Jakarta Timur, RS Koja Jakarta Utara, dan RS Cengkareng, Jakarta Barat, dan RSUD Kepulauan Seribu.

Sebelumnya pada 2006, sarana publik ini bakal dibangun Pemprov DKI
Jakarta di Bintaro. Tepatnya di Jalan Rengas Raya, Kel. Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Namun batal lantaran dinilai sulit diakses masyarakat dan juga berada di lokasi rawan banjir.(guruh/dms)