Thursday, 15 November 2018

Air Bersih Jadi Masalah Serius

Rabu, 18 Januari 2012 — 21:00 WIB
Kran Air

JAKARTA (Pos Kota) – Pemenuhan kebutuhan air  bersih merupakan masalah serius selain masalah makanan dan energi. Pada 2020 penduduk dunia akan kekurangan air bersih.

“Air sangat penting bagi kita dan pada 2020, dua per tiga dari tujuh miliar penduduk dunia akan mengalami masalah pemenuhan air bersih,” kata Sesmenko kesra, Indroyono Soesilo mewakili Menko Kesra pada penganugerahan lomba karya tulis dan foto jurnalistik Aqua Danone di  LKBN Antara Jakarta, Rabu.

Indroyono mengatakan,  kebutuhan air semakin besar dengan bertambahnya jumlah penduduk maka kelestarian sumberdaya air harus terus dijaga sehingga generasi yang akan datang bisa terus mendapatkan air bersih.

“Kalau di hulu tidak dipelihara, hutan ditebang maka resapan air akan berkurang pada musim kemarau dan jika musim hujan akan terjadi banjir karena air tidak diserap oleh tanah,” katanya.

Lomba tersebut diselenggarakan Danone Aqua bekerja sama dengan LKBN Antara.  Turut hadir  pimpinan Danone Aqua Parmaningsih Hadinegoro serta Dirut LKBN Antara Ahmad Mukhlis Yusuf.

Pada lomba tulis itu keluar sebagai juara pertama     wartawan Investor Daily, Mardiana Makmun. Dia memenangi anugerah karya tulis jurnalistik Aqua 2011 dengan karya  “Ketika Air Putih Menjadi Gaya Hidup”.

Karya tulis Mardiana Makmun berhasil menyisihkan  300 karya tulis lainnya yang dikirimkan seluruh wartawan, kontributor dan koresponden berbagai media cetak maupun online.

Tulisan terbaik kedua dimenangkan wartawan LKBN Antara Masduki Attamami dan Victorianus Sat Pranyoto dengan judul “Teka-teki Air Kawasan Merapi”. Posisi ketiga diraih wartawan Koran Jakarta Agung Wredho dengan judul tulisan “Mengolah Air Layak Konsumsi”.

Anugerah lomba karya tulis tersebut diselenggarakan untuk kedua kalinya oleh Aqua Danone. Sejak 1 Januari 2011 hingga 17 Desember 2011 terkumpul 700 artikel dan foto yang berhak mengikuti lomba, dari jumlah tersebut diseleksi lagi menjadi 30 artikel terbaik dan 60 foto terbaik oleh dewan juri.

Sementara pemenang pertama karya foto jurnalistik adalah Anis Efizuddin dimuat di Antara dengan judul foto “Memanfaatkan Air Telaga”. Juara kedua dimenangkan Yusuf Achmad dari Reuters dengan foto “Angkutan Air Bersih” dan posisi ketiga diraih Arie Yudhistira dengan judul foto “Di antara Polusi” yang dimuat di media Seputar Indonesia.

Lomba tersebut juga mengikutsertakan karya dengan kategori blog dengan juara pertama Aisha Nindya Kirana, juara kedua Norma Gesita dan juara ketiga Waode Siti Mudhalifana.

Pimpinan Danone Aqua, Parmaningsih Hadinegoro mengatakan pada perlombaan kali ini jumlah peserta meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kenapa kita mengambil tema air, karena air adalah sesuatu yang sangat penting yang tidak bisa dipisahkan dari hidup manusia,” kata Parmaningsih. (aby)