Wednesday, 26 September 2018

Sambut Pemilukada, PKS Siapkan Rp10 M

Rabu, 18 Januari 2012 — 17:26 WIB
PKS-n2

SUKABUMI (Pos Kota) – Kendati pelaksanaan Pemilukada Kota Sukabumi, Jawa Barat dihelat tahun depan, sejumlah partai politik sudah mulai memanaskan mesinnya.

Salah satunya persiapan dana pemenangan pesta demokrasi. Seperti DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) setempat menyiapkan dana pemenangan pemilukada 2013 hingga Rp 10 miliar.

Ketua DPD PKS Kota Sukabumi, Wawan Supendi menjelaskan penyiapan dana sebesar itu apabila PKS tidak berkoalisi dengan partai lain. Dana tersebut, kata Wawan berasal dari internal seperti kader, dan calon internal.

Menurut Wawan, apabila partainya berkoalisi tidak akan membutuhkan dana sebesar itu. Paling tidak, apabila bergandengan dengan parpol lain dana pemenangan dana yang disiapkan hanya berkisar antara Rp 3 milar sampai Rp 4 miliar.

“Faktor finansial diperlukan untuk jalannya persiapan pemilukada. Kita sudah siapkan dana itu dari partai, kader, dan calon internal. Namun jika kita berkoalisi dana pemilukada sekitar Rp3 sampai Rp4 miliar,” kata Wawan.

Ditegaskan Wawan, hingga saat ini PKS belum  menentukan mitra koalisi. PKS, kata Wawan, masih  menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai maupun tokoh politik partai tertentu misalnya Partai Golkar dan Demokrat.

“Kita terbuka dengan semua parpol untuk menjalin koalisi. Saat ini masih dalam penjajakan dengan sejumlah tokoh parpol,” tegasnya.

Menyinggung calon internal, Wawan menambahkan bakal menentukannya sekitar pertengahan atau akhir Januari. Mereka adalah Achmad Fahmi (Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi), Deden Muhlisin (Deputi Pendidikan DPW PKS Jabar), Yudi Widiana Adia (anggota DPR RI), Asep Tajul Mutaqin (Kepala Bidang Kaderisasi DPD PKS Kota Sukabumi), Yayan Suryana (Ketua Komisi III DPRD Kota Sukabumi), dan Wawan Supendi (Ketua DPD PKS Kota Sukabumi).

“Untuk calon internal kita masih menunggu  penetapan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS. Selain itu, kita juga tengah menggodok calon eksternal,” tandasnya. (sule/dms)