Sunday, 16 June 2019

71 Warga Lampung Timur Terjangkit Hepatitis A

Kamis, 19 Januari 2012 — 17:50 WIB
hepatitis-A

LAMPUNG (Pos Kota) – Banyak warga Lampung Timur menderita penyakit hepatitis A. Data yang masuk ke Dinas Kesehatan Lampung Timur, ada 71 kasus selama tahun 2011. Jumlah ini diperkirakan lebih banyak karena ada yang tidak dilaporkan . Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Lampung Timur, Judiono melalui Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Suparti.

Adapun penderita hepatitis klinis mengarah ke hepatitis A yang tercatat seluruh puskesmas dan dilaporkan ke Dinas Kesehatan Lamtim mencapai 71 kasus. Penyakit hepatitis A terbanyak di Kecamatan Ramanutara, Batanghari, Pekalongan dan Wawaykarya yang wilayahnya didominasi dengan peladangan.

Penderita penyakit hepatitis A melebihi dari data yang dilaporkan ke dinas. Hal ini disebabkan banyak masyarakat yang berobat ke pelayanan kesehatan praktek swasta. Pelayanan kesehatan swasta tidak melaporkan kasus penyakit hepatitis A ke Dinas Kesehatan atau puskesmas dan pustu.

“Pelayanan kesehatan swasta yang melaporkan setiap kasus penyakit dilakukan oleh balai pengobatan secara rutin setiap bulan. Sedangkan untuk dokter, bidan dan mantri tidak melaporkan ke dinas. Dalam menanggulangi kasus penyakit menular di Lampung Timur, Dinas Kesehatan menghimbau kepada pelayanan kesehatan swasta dapat melaporkan peningkatan suatu kasus penyakit. Hal ini dimaksudkan agar Dinas Kesehatan dapat segera menindak lanjuti dengan cepat,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit kronis ini meluas, Dinas Kesehatan Lampung Timur telah mengirimkan surat himbauan kewaspadaan dini dari Kementerian Kesehatan RI. Untuk diketahui penyakit hepatitis A disebabkan oleh Virus Hepatitis A (HAV) yang sangat cepat menyebar. Penularan penyakit hepatitis A dapat terjadi melalui kontak langsung dengan penderita, tukar menukar alat makan dan minim serta makan makanan yang tidak higienis. (Koesma/b)