Friday, 21 September 2018

Barcelona Kembali Dominasi El Clasico

Kamis, 19 Januari 2012 — 9:14 WIB
gol

MADRID (Pos Kota) – Barcelona kembali mendominasi pertemuan mereka dengan Real Madrid dalam duel bertajuk El Clasico setelah menang 2-1 pada leg pertama babak perempatfinal Copa del Rey atau Piala Raja di Santiago Bernabeu, Kamis (19/1) dinihari WIB. Dengan hasil itu Barca sukses mencatat tujuh kemenangan dari 11 pertemuan terakhir mereka dengan Madrid, sekaligus membuak peluang lolos ke partai semifinal Copa del Rey.

Hasil tersebut adalah kekalahan kedua Madrid secara beruntun dalam duel El Clasico di Santiago Bernabeu musim ini sendiri setelah sebelumnya mereka juga dipaksa menyerah 1-3 pada pentas La Liga Spanyol, awal Desember 2011 lalu. Hasil itu juga membuka peluang Barca yang kini hanya biutuh hasil imbang atau kalah minimal 0-1 pada leg kedua di Camp Nou, 28 Januari mendatang.

Sementara Madrid setidaknya harus bisa meraih kemenangan dengan selisih dua gol untuk melenggang ke babak selanjutnya sebagai ambisi mempertahankan gelar juara. Madrid sendiri sebenarnya berhasil membuka keunggulan lebih dulu saat pertandingan baru berjalan 11 menit. Adalah Cristiano Ronaldo yang berhasil mmembuat Santiago Bernabeu bergemuruh setelah umpan matang Karim Benzema dimanfaatkan menjadi gol yang membawa Madrid unggul 1-0.

Merasa terancam, Barcelona yang berusaha mengejar ketinggalan mampu mencatat sejumlah peluang. Namun tidak satu pun peluang yang tercipta mampu membuahkan gol sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Madrid bertahan sampai turun minum. Memasuki babak kedua, tensi permainan yang semakin tinggi setelah Barcelona berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Carles Puyol setelah menyambut umpan Xavi Hernandez lewat tandukan  yang berbuah gol di menit ke-49.

El Barca bahkan berhasil membalikkan keadaan dan unggul 2-1 berkat gol Eric Abidal, usai memanfaatkan umpan terobosan Lionel Messi di menit ke-77. Madrid yang kemudian terancam, berusaha melancarkan serangan guna menyamakan kedudukan. Namun hingga peluit panjang berbunyi skor 2-1 untuk keunggulan Barca bertahan hingga laga usai, sekaligus memperlebar peluang Barca ke babak selanjutnya.

Pada laga lainnya di hari yang sama, Athletic Bilbao buka peluang ke babak selanjutnya setelah sukses menekuk Mallorca pada leg pertama di Estadio San MamĂ©s berkat gol Fernando Llorente (35′) dan Iker Muniain (59′). Sealnjutnya, Bilbao bakal tampil sebagai tim tamu pada leg kedua di kandang Mallorca, tengahj pekan depan.

(junius/sir)