Tuesday, 20 November 2018

Duel Dua Tim Pesakitan

Kamis, 19 Januari 2012 — 1:03 WIB
soldado copy

VALENCIA (Pos Kota) – Valencia dan Levante bakal bentrok pada leg pertama babak perempatfinal Coppa del Rey atau Piala Raja, di Estadio de Mestalla, Jumat (18/1) dinihari WIB. Tidak hanya sekedar menjaga
peluang lolos ke babak selanjutnya, usaha bangkit dari kekalahan
menjadi misi kedua tim dalam laga bertajuk derby Valencia tersebut.

Seperti  diketahui, kedua pelatih, yakni Unai Emery (Valencia) dan Juan Ignacio Martinez (Levante) sama-sama kecewa dengan hasil yang diraih tim asuhan mereka di pentas La Liga, akhir pekan kemarin. Valencia dipaksa menyerah 0-1 dari tamunya Real Sociedad, sementara Levante dibungkam 0-3 oleh Athletic Bilbao. Kali ini tugas berat bakal diemban kedua pelatih untuk meredam kekecewaan tersebut.

Tekanan besar tentu akan dialami Emery setelah krisis kepercayaan diri mulai menggerogoti Valencia, seiring puasa kemenangan dari tiga laga terakhir di berbagai kompetisi.

PUNYA KESEMPATAN

“Setiap pertandingan adalah sebuah kesempatan dan kita menghadapi permainan ini dengan semangat dan motivasi. Kami punya kekecewaan pada laga terakhir di Mestalla dan ingin meredamnya,” kata Emery pada laman resmi klub, Rabu (18/1).

“Sekarang kami punya kesempatan untuk kembali ke jalur kemenangan menghadapi rival sekota yang juga menjadi pesaing kami di pentas La Liga, mengingat Levante hanya berada satu tingkat di bawah kami dalam papan klasemen sementara. Tapi kami tidak ingin merasa diri kami sebagai favorit pada laga nanti karena Levante merupakan salah satu tim yang tampil cukup baik di musim ini,” lanjut Emery yang juga tetap mewaspadai Levante.

Di atas kertas, Valencia yang mengandalkan Roberto Soldado belum pernah kalah dari Levante dari tiga pertemuan tahun lalu, memang lebih diunggulkan pada derby nanti. Namun babak perempatfinal Copa del Rey akan berlangsung 2×90 menit, dimana tim yang berhak lolos ke babak selanjutnya akan ditentukan di Ciutat de València (kandang Levante), 27 Januari mendatang. Artinya, peluang besar akan dimiliki Levante jika mereka bisa menahan Valencia di laga nanti.

Sementara itu, Espanyol  membuka peluang ke babak selanjutnya setelah menang 3-2 atas Mirandes pada leg pertama di Estadi Cornella-El Prat, Rabu (18/1) dinihari WIB. Espanyol harus tertinggal lebih dulu lewat gol Alain Arroyo (28’) dan Pablo Infante (78’), sebelum membalikkan keadaan dan memastikan kemenangan berkat gol Vladimir Weiss (85’), Rui Fonte (87’), dan Rui Fonte di penghujung laga. (junius/bu/ird)