Tuesday, 18 September 2018

Pantai Mutun Jadi Favorit Wisata

Kamis, 19 Januari 2012 — 7:38 WIB
mutun-sub

PANTAI adalah bagian daratan yang berbatasan langsung dengan laut. Di Indonesia banyak sekali pantai. Ada pantai yang landai dan pantai yang terjal. Pantai yang landai biasanya menjadi tempat tujuan rekreasi dan pariwisata. Di Indonesia banyak sekali pantai yang menjadi tujuan wisata, banyak turis domestik dan turis manca negara (asing), datang dan berekreasi di pantai.
Bercerita tentang pantai, wisatawan pasti tahu dan selalu teringat tentang Pantai Mutun, yang merupakan salah satu pantai di Provinsi Lampung yang mudah dicapai.

Letaknya tidak jauh, arah barat daya dari Bandar Lampung, di perbatasan antara kabupaten Lampung Selatan dan kabupaten Pesawaran.  Kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten yang berkembang dan banyak sekali tempat rekreasi dan pariwisata pantai, dengan fasilitas yang cukup lengkap. Diantaranya, jika anda ingin mengunjungi keindahan pantai alternatifnya adalah  Pantai Mutun, di Jalan Pematang Rinjing, Desa Suka Jaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Untuk mengunjungi pantai ini, dengan menggunakan taxi dan merogoh kocek sejumlah Rp 50.000 Anda harus menempuh jarak sekitar 25 km, sekitar setengah jam perjalan dari Bandar Lampung. Di samping kiri kanan menuju Pantai Mutun, pepohonan yang hijau menjadi pemandangan dan penghias bibir jalan. Dari jalanan yang terbilang cukup baik. Sebuah petunjuk di jalan utama akan menjadi penanda jika Anda harus berbelok untuk mencapai pantai ini. Dari jalan raya, Jarak yang harus ditempuh tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1 km.

Setelah membayar tiket masuk untuk kendaraan bermortor Rp.5000, dan untuk jenis kendaraan mobil Rp. 10.000 , dan  Anda langsung bisa menikmati suasana pantai yang ramai. Naik perahu, kano, banana boat atau berenang adalah aktivitas asyik yang biasa dilakukan para pengunjung di pantai, di pantai ini. Aktivitas memancing bersama keluarga atau untuk menyalurkan hobi juga dapat dilakukan di tempat ini. Peralatan memancing atau perahu dapat disewa untuk melakukannya.

KEINDAHAN

Yang menarik dari pantai mutun adalah pasir pantai yang putih, tidak kalah dengan pantai Carita, pantai Parangpritis, dan pantai Ancol yang ada di sebagian pulau Jawa, bahkan, Tanjung Bira dan Losari yang ada di Sulawesi Selatan. Jadi jika Anda ingin menikmati pantai dengan pasirnya yang putih, Pantai Mutun dapat menjadi salah satu pilihan, mengingat lokasinya yang tidak terlalu jauh untuk pengunjung yang berasal dari Jakarta atau daerah Jawa Barat.

Pantai di Lampung laut tergolong bersih dan jernih menarik banyak mengunjung untuk bermain lebih jauh dari pantai. Dengan deburan ombak laut disisi Pantai Mutun yang cukup tenang menjadikan Pantai Mutun menjadi aman bagi para pengunjung yang ingin mandi ke laut Jika Anda hanya ingin bersantai-santai, ada gubuk-gubuk  untuk berteduh yang biasa digunakan pengunjung untuk duduk, atau tidur-tiduran dengan ditemani angin pantai yang sepoi-sepoi, anda pasti merasakan ketenangan karena air laut yang biru dan jernih serta hamparan putih ditambah hijaunya pulau yang ada di seberang pantai ini membentuk pemandangan alam yang indah dan layak untuk dikunjungi.

PULAU TANGKIL

Tidak jauh dari pantai ini terdapat hamparan pulau yang terlihat hijau dan terasa asri untuk dikunjungi. Untuk mendatangi pulau ini, Anda dapat naik perahu dengan membayar biaya per orang Rp.15 ribu. Tidak dibutuhkan waktu terlalu lama untuk berkunjung ke pulau Pulau Tangkil. Anda dapat beristirahat dengan lebih nyaman karena suasana yang rimbun dan cukup hening di pulau ini. Air laut juga lebih jernih dan bersih sehingga cocok untuk berenang, bahkan jika Anda bisa menyelam anda dapat melihat ikan-ikan yang berenang diantara trumbu karang, sungguh pertunjukan yang sangat exsotis untuk disaksikan dan takkan terlupakan.

Setelah lelah melakukan aktivitas di pantai, Anda dapat mencicipi beraneka ragam kuliner makanan dari tempat makan yang ada di pantai ini. Di Pantai mutun juga tersedia penginapan dengan harga yang murah dari harga Rp.150.000 hingga 250.000 per malam. Pantai Mutun, di Lampung, dengan pasir putih dan kejernihan air lautnya pasti akan membuat para wisatawan tidak akan melupakan cerita dan pengalaman tentang pantai ini.

Pantai  Mutun kini menjadi salah satu magnet andalan pariwisata Lampung untuk menarik minat wisatawan asing. Pantai di  wilayah Pesawaran yang dekat dengan Bandarlampung ini selalu jadi favorit warga untuk menikmati liburan suasana pantai yang masih terjaga kebersihan pantainya dan putihnya pasir.

KUNJUNGAN WISATA

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Gatot Hadi Utama mengatakan, setiap tahun Lampung rata-rata dikunjungi 35.000 wisata. Lebih dari separuhnya berkunjung ke  Pantai Mutun. Wisata di  Pantai Mutun ini merupakan satu obyek wisata andalan di Lampung.
Robin, salah seorang wisata dari Banten yang berkunjung ke Pantai Mutun , mengatakan, di kalangan para pencinta pantai, pantai ini tempatnya sangat nyaman, mudah dijangkau dan murahnya tarif berbagai permainan dari banana boat, kapal perahu nelayan, woter boom dan out bond dengan harga terif yang berkisar Rp. 10  hingga Rp.15 ribu saja.

Edi, 45, warga Mutun yang dipekerjakan menjadi pegawai di lokasi obyek wisata sejak 3 tahun yang lalu mengaku Pantai Mutun tidak pernah sepi dikunjungi orang untuk rekreasi. Baik itu dari Lampung sendiri maupun dari wilayah luar Lampung.
Padatnya Pantai Mutun hingga ribuan warga yang dating terjadi pada pergantian akhir tahun dan liburan sekolah. Berbagai kendaraan baik itu bus, truk, mobil pick-up dan kendaraan pribadi dari berbagai daerah memenuhi areal parker di lokasi Pantai Mutun.

AKSES JALAN
Bahkan pada pergantian tahun baru 2012 ini jalan menuju ke Pantai Mutun sampai macet 3 kilometer di jalan raya. Berbagai upaya sudah dilakukan pihak kepolisian untuk mengatasi kemacetan namun jalur untuk menuju ke wilayah ini hanya satu akses jalan saja maka tidak ada jalan alternative lain untuk menuju ke Pantai Mutun sehingga warga tetap harus mengantre untuk masuk ke Pantai Mutun.

“Selama saya bekerja di Pantai ini menjaga pintu masuk berbagai hal dirasakan dari mulai warga yang masuk dengan cara menggunakan truk yang isinya puluhan orang membuat pihak pengelola pantai memberikan kebijakan dengan tariff murah. Kasihan orang-orang kecil juga mau hiburan rekreasi di Pantai Mutun samapai rela berdiri naik truk. Seperti mereka kami keringanan untuk masuk ke Pantai,” ujarnya.

(koesma/sir)