Monday, 24 September 2018

Yamaha Buka Sekolah Mekanik

Kamis, 19 Januari 2012 — 14:22 WIB
yamaha19

YAMAHA Indonesia mewujudkan dedikasinya terhadap dunia pendidikan melalui Yamaha Engineering School (YES). Sekolah mekanik itu dibuka khusus untuk lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tanpa dipungut biaya alias gratis.

Sekolah gratis ini sangat membantu yang datang dari kalangan tidak mampu. Mereka jadi memiliki modal untuk masa depan yang lebih baik karena para lulusan YES terdahulu sudah terbukti berhasil mendapatkan pekerjaan memadai.

”Bahkan ada yang bergabung menjadi karyawan PT YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia), membuka bengkel resmi Yamaha yang cukup besar dan ijazah YES turut membantu memeroleh pekerjaan,” jelas Riswandi, Education Department Manager Yamaha Indonesia.

Komitmen Yamaha Indonesia menyediakan pendidikan berkualitas gratis melalui YES merupakan program berkelanjutan. Tahun ini pendaftaran angkatan ke-34 yang dibuka sejak 1 Agustus hingga 16 Agustus. Mulai belajar tanggal 5 September hingga akhir Desember. Tiap angkatan terdiri dari 36 peserta. Mereka dididik dengan konsep pembelajaran teori dan praktek selama 3 bulan, satu bulan plus satu minggu magang di bengkel-bengkel Yamaha dan dua minggu mempelajari materi vendor dan melakukan kunjungan pabrik.

LULUSAN SMK
Tahun ini persyaratan pendaftaran ditambah dengan menyertakan fotokopi raport kelas 1 sampai 3 SMK. Di luar itu syarat-syaratnya tidak berubah yaitu fotokopi KTP, SIM C, ijazah, SKKB, pas foto dan materai. Usia peserta yang memenuhi syarat adalah lulusan SMK dalam tiga tahun terakhir dihitung dari tahun pendaftaran dibuka. Bagi warga Jakarta, pendaftaran diadakan di Yamaha DDS Jakarta, Jalan Letjen Soeprapto No. 402, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Pendaftaran tahun ini dibuka dua kali. Pertama di akhir Pebruari lalu dan kedua di bulan ini. Tahun ini istimewa karena bersamaan dengan perayaan 20 tahun berdirinya YES. Pembukaan bulan ini serentak dilakukan di 11 Yamaha Motor Engineering Training Center yaitu di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Medan, Padang, Palembang, Lampung, Pontianak, Makassar dan Bali. Usia YES yang ke-20 tahun sebenarnya jatuh tahun lalu namun perayaannya digelar tahun ini.

YES hadir di Indonesia sejak 1990 di bawah perizinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Lalu setahun kemudian berganti di bawah perizinan Departemen Tenaga Kerja dengan nama Yamaha Motor Engineering Training Center. Dalam program YES terkandung nilai entrepreneur dan CSR (Corporate Social Responsibility). Kandungan nilai tersebut menjadikan YES sebagai lembaga pendidikan di bidang otomotif yang melahirkan teknisi handal. Dan sebagai program CSR diakui sebagai yang terbaik di tingkat dunia melalui penghargaan Presiden Award di Jepang pada 2006 lalu. (bambang/b)