Monday, 17 June 2019

154 Ribu Unit Rumah Untuk Korban Gempa

Jumat, 20 Januari 2012 — 18:50 WIB
rumah gempa

JAKARTA (Pos Kota) – Masyarakat Padang Pariaman, Sumatera Barat korban gempa 2009 kini sudah bisa tinggal di rumah layak huni, karena pemerintah sudah menyelesaikan pembangunan rumah layak huni 154.000 unit dengan biaya Rp 3 triliun.

Dirjen Perlindungan Jaminan Sos Kementerian Sosial Andi Zainal Abidin mengungkapkan sejak gempa rehabilitasi langsung dilaksanakan bekerjasama dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan asing dengan memberikan berbagai bantuan, selain logistik dan medis kepada korban.

“Kami memberikan apreasiasi pada semua LSM domestik dan asing, karena kini hampir semua korban telah tinggal di rumah layak huni,” kata Andi Zainal, yang Kamis kemarin meresmikan rumah layak huni di Nagari Silumpang, Kec. Sei Limau, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Andi Zainal mengungkapkan, khusus Qatar Charity sejak gempa 2009 sudah memberikan bantuan logistik dan medis . Dan kini mereka membantu pembangunan 71 unit rumah bagi warga Nagari Silumpang yang kemarin diresmikan.

Menurutnya, penerima bantuan sangat senang karena dapat menempati rumahnya yang baru, setelah hancur ditimpa gempa. “Kami bertrima kasih mendaapt bantuan penuh pemerinth pusat dan daerah, serta Qatar Charity. Slain perumahan, warga juga membutuhkan pemberdayaan/usaha produktif,” kata Andi mengutip sambutan Wakil Bupati Pariaman, Damsuar.

Direktur Program Qatar Charity, Ibrahim Zinal, yang datang khusus darr Dhoha, Qatar menyatakan kegembiraannya karena telah berpartisipasi membantu Indonesia khususnya masyarakat Padang Pariaman.

“Ini merupakan wujud persaudaraan negeri-negeri muslim dan negara berkembang. Selain membangun rumah, kami juga menyiapkan 30 sumur air bersih, memperbaiki puskesmas, membangun masjid dan sekolah dengan anggaran 450.000 dolar Amerika,” jelas Ibrahim.

Bantuan serupa, lanjutnya, telah dilakukan di Aceh, dan kini juga sedang dibangun perumahan untuk warga miskin di Banten dan Jawa Barat. (tri/b)

Foto : Ilustrasi rumah tahan gempa