Dua Ruas Tol Segera Dibangun

Jumat, 20 Januari 2012
tol-1

JAKARTA (Pos Kota)- Dua ruas tol baru yakni ruas Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 Km dan Kunciran-Cengkareng sepanjang 14,1 Km segera dibangun oleh anak perusahaan PT Jasa Marga masing-masing PT Marga Trans Nusantara (MTN) dan PT Marga Kunciran Cengkareng (KMC). Pembangunan konstruksi kedua jalan tersebut akan dimulai tahun 2013 dan tahun 2014 sudah bisa beroperasi.

“Kalau jalan ini sudah selesai maka mereka yang berasal dari Bekasi, Selatan Jakarta, Serpong, atau Tangerang jika ingin ke Bandara bisa melalui jalan tol ini tanpa harus masuk ke jalan tol dalam kota yang cukup macet,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU Achmad Ghani Gazali, kemarin.

Kedua anak perusahaan PT Jasa Marga Tbk telah memperoleh pinjaman dari Badan Layanan Umum (BLU) Badan Pengatur Jalan Tol senilai kurang lebih Rp 2 triliun untuk pembebasan lahan dua ruas tol tersebut. PT MTN memperoleh pinjaman BLU senilai Rp 973 miliar dan PT MKC Rp 1,19 triliun.

Menurut Ghani, pemilik saham mayoritas di kedua BUJT itu adalah PT Jasa Marga Tbk. Kedua BUJT itu akan menyelesaikan pembebasan lahannya tahun ini sehingga pada 2013 sudah dimulai pekerjaan konstruksi dan pengoperasian kedua ruas tol itu dapat dimulai pada 2014.

Dia mengaku telah meminta kepada BLU agar benar-benar mengawasi pola penyaluran dana pinjaman itu agar semangat bergulirnya tetap ada.

Dengan anggaran itu PT MNC akan membebaskan lahan seluas 103 hektar di delapan desa. Sedangkan PT MKC akan membebaskan 126 hektar di 12 kelurahan. Dua kelurahan siap dibebaskan lahannya dalam waktu dekat. (faisal/b)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.