Tuesday, 25 September 2018

Pedagang Petak IX – Glodok, Menyambut Imlek

Jumat, 20 Januari 2012 — 23:13 WIB
imlek-n

TAMANSARI (Pos Kota) – Imlek tinggal 3 hari lagi,  harga ikan mengalami pelonjakan yang cukup tinggi di Glodok. Ikan Bandeng, misalnya,  yang biasanya dijual Rp 30.000/Kg, kini menjadi Rp 50 ribu/Kg.

”Ini bukan karena Imlek , ikan lagi pada susah air laut tingi, nelayan nggak bisa ngelaut, ” kata Mardi,pedagang ikan bandeng di Jl. Petak IX – Glodok, Jakarta Barat, Jumat sore (20/1)

Kenaikan harga ini karena ikan yang masuk ke Indonesia merupakan ikan import dari China dan Vietnam, beberapa pekan ini ikan import mendominasi di berbagai pasar.

Hasil laut  ini masuk lebih murah dibanding harga dari nelayan yang ada.”kalau harga ikan banding Imlek mulai besok (Sabtu),” katanya.

Ikan bandeng Imlek selain harganya bisa mencaai Rp 75.000/Kg dan ukurannya besar, ada satu ekor yang mencapai 3 Kg. ”Lebih gede ikannya, rezekinya juga lebih banyak dan manennya lebih lama. Kalau ikan bandeng biasa bisa setaon 3 kali panen. Kalu bandeng Imlek, pannya setaon sekali, makanya segeda alaihim,” ucap Mardi.

Memasak atau menyajikan ikan bandeng disaat Imlek merupakan satu kebanggaan bahkan tradisi kewajiban “Ikan Bandeng bisa bawa kelebihan lejeki (rezki), tambah kelebihan kalil (karier),” jelas Akiong, pembeli ikan.

Selain itu juga, Ikan bandeng juga merupakan salah syarat yang dipersembahkan untuk persembahyangan di vihara.

Ada tiga jenis daging punya buat sembahyang (Sam Seng) untuk dipersembahkan kepada dewa , daging babi mewakili hewan di darat, ikan mewakili hewan di laut dan daging ayam mewakili hewan di udara karena bersayap.

”Kalau ada harga naek, Imlek punya, wajar-wajar aja, cing cay la,” tambah Akiong.

Tidak hanya pedagang ikan, semua jenis makanan tradisional, pakaian, sayuran sampai pedagang Ang Paw, tumplek, memadati Jl. Petak IX dan Jl. Pancoran Glodok. Terutama untuk makanan dan pakaian banyak barang mport dari China, Taiwan, Malaysia dan Singapura.  (herman/dms)

 

  • Andiandigun

    kiong hi fat coy …..