Sunday, 18 November 2018

Lahir di Tahun Naga

Sabtu, 21 Januari 2012 — 14:02 WIB
naga

SAAT Alicia Loo hamil 12 tahun lalu, keluarga suaminya senang karena bayinya akan lahir di tahun naga.Seperti sebagian besar orang Cina di seluruh dunia, mereka percaya hal itu akan membawa keberuntungan.

Naga, satu-satunya mahluk yang berasal dari mitologi diantara 12 hewan dalam astrologi Cina, dianggap sebagai simbol keberanian dan kecerdasan. Dalam tradisi Cina kuno, naga diasosiasikan dengan kaisar.

Anak lelaki yang lahir di tahun naga diyakini akan menjadi orang sukses dan kaya raya.
Tahun baru naga akan dimulai pada 23 Januari, hari pertama Tahun Baru Cina, dan akan ada banyak bayi naga yang lahir.

Bulan lalu, kantor berita Xinhua melaporkan bahwa Cina mengantisipasi kenaikan jumlah kelahiran bayi hingga 5% tahun ini.

Perusahaan-perusahaan produsen produk bayi dan jasa perawatan serta penitipan anak bahkan sudah merencanakan prospek laba dari fenomena ini.

Laporan Bloomberg yang mengutip Euromonitor International, memperkirakan bahwa penjualan popok di Cina akan meningkat 17% yaitu sebesar 28,4 miliar yuan (Rp 45,2 miliar) tahun ini.
“Naga perempuan dianggap bijaksana dan berbakat tapi ia akan menghadapi tantangan berat terutama dalam bidang percintaan. ”

Tahun ini akan menjadi anugerah bagi Taiwan yang memiliki tingkat kelahiran terendah di dunia tahun lalu. Angka rata-rata kelahiran anak turun menjadi 0,9 per wanita dari 1,03 tahun lalu. Singapura juga mengalami masalah serupa.

Namun di Cina, negara dengan populasi terbesar di dunia dengan 1,3 miliar penduduk, ceritanya berbeda.

“Salah satu hal negatif dari musim bayi naga adalah banyaknya tekanan pada rumah sakit, taman kanak-kanak dan sekolah-sekolah di Cina,” kata Dr Zhang Yanxia, seorang peneliti tamu dari East Asian Institute in Singapore.

Kaum ibu di Cina daratan sudah berangkat ke Hong Kong untuk melahirkan bayi mereka untuk mengelak dari kebijakan satu anak dan mendapatkan hak tinggal serta pendidikan untuk anak mereka.

Akhir pekan lalu, ibu-ibu di Hong Kong menggelar unjuk rasa karena takut akan ada lebih banyak lagi kaum ibu Cina yang melakukan hal itu. Para pejabat juga telah membatasi angka kelahiran oleh warga Cina daratan di rumah sakit-rumah sakit swasta mau pun pemerintah.
Saat terbaik

Tetapi bagaimana pun juga, bayi-bayi naga akan tetap lahir.

“Ketika naga menginginkan sesuatu, tidak akan ada yang menghentikannya,” kata Master Wong, presiden Asosiasi Fengshui Malaysia. “Saya tahu pasti; shio saya juga naga.”

Tahun ini adalah tahun Naga Air dan bayi-bayi yang lahir diyakini membawa banyak keberuntungan terlepas dari bayi itu lelaki atau perempuan, menurut para ahli Fengshui.

Menurut mitos, naga perempuan dianggap bijaksana dan berbakat tapi ia akan menghadapi tantangan berat terutama dalam bidang percintaan.

Saat terbaik untuk kelahiran bayi tahun ini adalah Mei atau menjelang akhir tahun ketika energi naga dipercaya lebih dinamis.(BBC/b)