Friday, 16 November 2018

Pembalap Kelas Dunia di Sentul

Sabtu, 21 Januari 2012 — 21:37 WIB
sean-gelael

JAKARTA (Pos Kota)- Penonton di Sirkuit Sentul akan menyaksikan kepiawaian pebalap karting dunia yang berdatangan dari berbagai negara Eropa dan Asia pada perlombaan Indonesia Kart Prix 2012, 27 – 29 Januari 2012.

Pada pebalap dunia itu akan bersaing dengan pebalap nasional yang turun di kelas KF2, di antaranya Sean Gelael (15) yang sebenarnya sudah sering bersaing dengan atlet dunia itu dalam perlombaan di berbagai negara pada musim lomba 2011.

Pimpinan Lomba Stanley Iriawan mengatakan di Jakarta, Sabtu (21/1), di antaranya para pebalap yang datang ke Indonesia adalah Sami Luka (21) dari Belgia, juara KF-2 CIK-FIA Eropa 2011 dan urutan kedua pada WSK Euro Series dan tahun sebelumnya juara pertama SKUSA Supernationals XIV-KF2 .

“Antonio Giovianzzi (18) dari Italia juga datang ke Indonesia. Ia adalah juara keenam kejuaraan Winter Cup, urutan ketiga Piala Dunia CIK-FIA dan urutan keenam WSK Euro 2011. Ia akan ditantang Esteban Ocon (15), juara nasional Prancis dan urutan kedua Kejuaraan WSK Euro Series – KF3, urutan ketujuh Piala Dunia CIK-FIA,” kata Stanley.

Selain itu, akan turun juga bersaing juara WSK Euro Series Stefano Cucco (19) dari Italia dan juara Eropa Nicolaj Moller Madsen (19) dari Denmark, kemudian Nicolas Beer, Joel Johansson, Alfredo Gagliari dan juara Jepang Saeki Arata.

GEBRAKAN AWAL
“Mereka meramaikan perlombaan yang merupakan gebrakan awal PP IMI di bawah komando Nanan Soekarna yang baru terpilih sebagai ketua umum periode 2011-2015,” terangnya.

Sementara pebalap Indonesia yang tampil di ajang Indonesia Kart Prix ini adalah Juara Nasional dan Asia 2010 Sean Gelael yang musim 2012 ini akan mengikuti rangkaian lomba di Italia, Prancis, Inggris dan Spanyol.

Akan ikut juga bersaing pebalap yang juga berpengalaman di tingkat internasional seperti Senna “King” Iriawan (juara junior Asia 2010), Aldi Rizki, Andersen dan Presley Martono dan ratusan lainnya yang akan turun di kelas Rotax Max, Mini Rok dan kelas legenda (veteran).
Kejuaraan Indonesia Kart Prix 2012 yang diikuti pebalap dari 15 negara itu sudah terdaftar dalam kalender badan karting internasional CIK-FIA dan dicantumkan sebagai penyelenggara adalah Ikatan Motor Indonesia.

Dalam laman resmi organisasi itu (www.cikfia.com) disebutkan bahwa kejuaraan itu masuk kategori “CIK.FIA Zone Sporting Calender” dengan melombakan nomor KF2, Rotax dan Junior.
Selain itu juga digelar kelas veteran yang akan diikuti oleh Chepot Hanni Wiano, Ricardo Gelael, Beng Soeswanto, Jan Darmadi, dan Nanan Soekarna. (hari/b)