Wednesday, 21 November 2018

Burung Dara Aduan Dimusnahkan

Selasa, 24 Januari 2012 — 20:25 WIB
dara24

 

 

KEMAYORAN (Pos Kota)- Sebanyak 35 ekor ayam dan burung dara hasil sweeping unggas di Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat dimusnahkan oleh aparat. Unggas tersebut dijaring dari permukiman warga di RT 02, 03 RW 05 dan RT 12 RW 06 Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakpus Selasa (24/1).

Sweeping unggas tersebut sempat diprotes warga. Mereka menolak unggasnya dimusnahkan dengan alasan kondisinya sehat dan bersih.

“Burung dara saya jenis adu balap, harganya mencapai Rp 300 ribu. Masak dimusnahkan juga. Sayang sekali,” keluh Surahman, warga RT 12/06 saat aparat memotong satu persatu burung dara miliknya.

Puluhan burung dara yang dipelihara di lahan kosong milik warga tersebut kondisinya memang bersih dan sehat. Namun karena terbentur perda soal larangan memelihara unggas di permukiman, aparat tetap memusnahkan puluhan ekor burung dara tersebut.

Wakil Camat Kemayoran, H.Nursanto didampingi Wakil Lurah Gunung Sahari Selatan, Rahmat Ismail dan Ka.Sie Peternakan dan pertanian Kec.Kemayoran Nila mengatakan eesuai Perda No.4/2007 tentang pengendalian dan peredaran unggas di Prov.DKI Jakarta, pihaknya akan terus melakukan sweeping terhadap unggas yang berada kawasan lingkungannya, karena sangat membahayakan kesehatan.

“Warga yang keberatan terhadap sweeping, silakan unggasnya diungsikan atau dijual,” kata Nursanto.

Selain memusnahkan 26 ekor burung dara dan 9 ekor ayam, aparat juga memusnahkan 22 kandang unggas. (inung/b)

Teks foto : Wakil Camat Kemayoran Nursanto didampingi wakil Lurah Gunung Sahari Selatan Rahmat Ismail memusnahkan puluhan unggas hasil sweeping. (inung/b)