Wednesday, 21 November 2018

Lawan Madrid, Barca Hanya Butuh Imbang

Selasa, 24 Januari 2012 — 21:11 WIB
juara-1

BARCELONA (Pos Kota) – Simpang siur kepergian Jose Mourinho dari Santiago Bernabeu bakal mengiringi perjalanan Real Madrid kala menyambangi Barcelona pada leg kedua babak perempatfinal Copa del Rey atau Piala Raja, Kamis (26/1) dinihari WIB.

Artinya, kemenangan untuk menjaga peluang guna mempertahankan gelar, wajib diselesaikan para punggawa Los Blancos, julukan Madrid, sekaligus meredam isu kepergian Mourinho.

Seperti yang dilansir harian olahraga Spanyol yang berbasis di Madrid, AS, pelatih asal Portugal itu dikabarkan bakal segera meninggalkan Bernabeu sebelum musim berakhir Juni 2012 mendatang. “Mourinho diketahui oleh orang-orang di sekelilingnya bahwa ia ingin pergi sebelum 30 Juni 2012 mendatang,” tulis AS dalam salah satu judul di Halaman Utama mereka, Selasa (24/1).

Menurut AS, Mourinho bahkan sudah menemui Presiden Florentino Perez dan direktur klub, Jose Angel Sanchez, usai Madrid menang 4-1 atas tamunya Athletic Bilbao di pentas La Liga Spanyol, akhir pekan kemarin. Maklum, Mourinho dikatakan sudah ‘muak’ dengan siulan-siulan bernada mengejek dari fans Madrid selama pertandingan berlangsung. Namun hal itu tidak membuat pihak Barcelona percaya begitu saja.

Surat kabar Spanyol yang berbasis di Baercelona, El Mundo Deportivo bahkan meyakini jika kabar tersebut adalah usaha Madrid untuk memecah konsentrasi skuad Pep Guardiola. Apa pun skenario yang diciptakan oleh masing-masing kubu jelang laga nanti akan dibuktikan di Camp Nou. Madrid yang kalah 1-2 pada leg pertama, harus bisa meraih kemenangan minimal dengan selisih dua gol, jika ingin menjaga peluang untuk mempertahankan gelar.

Sebaliknya, Barcelona yang juga menang 4-1 atas Malaga di pentas La Liga, akhir pekan kemarin, hanya butuh hasil imbang untuk menyingkirkan skuad Mourinho. Barcelona masih tanpa Seydou Keita karena tugas negara bersama Mali di Piala Afrika 2012. Sementara David Villa, Ibrahim Afellay, dan Fontas Andreu masih cedera. Artinya, Guardiola akan tetap mempercayakan trio Cesc Fabregas, Lionel Messi, dan Alexis Sanchez di lini depan.

Sebaliknya, perubahan tampaknya akan dilakukan Mourinho demi mengimbangi lini tengah tim Catalan dengan merubah skema permainan dari 4-2-3-1 menjadi 4-3-3. Namun Pepe yang menjadi sorotan pada leg pertama kemungkinan absen akibat cedera usai melawan Bilbao. Untuk itu, Mourinho sudah menyiapkan Raul Arbeloa dan Sergio Ramos sebagai palang pintu pertahanan dan trio Lassana Diarra, Xabi Alonso, dan Fabio Coentrao di lini tengah.

(junius/sir)

REKOR PERTEMUAN:
19-01-12, Madrid v Barcelona 1-3
18-08-11, Barcelona v Madrid 3-2
15-08-11, Madrid v Barcelona 2-2
04-05-11, Barcelona v Madrid 1-1

PRAKIRAAN PEMAIN:
Barcelona (4-3-3): Pinto (kiper); Alves, Pique, Puyol, Abidal; Xavi, Busquets, Iniesta; Messi, Cesc, Sanchez.
Madrid (4-3-3): Casillas (kiper); Arbeloa, Ramos, Varane, Marcelo; Diarra, Xabi Alonso, Coentrao; Higuain, Benzema, Ronaldo.