Friday, 16 November 2018

Makin Banyak Atheis di Indonesia?

Selasa, 24 Januari 2012 — 15:26 WIB
atheism

AMSTERDAM (Pos Kota) – Berita tertangkapnya Alexander Aan yang mengaku tidak bertuhan juga banyak disorot media Belanda.

Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Indonesia dijebloskan ke penjara karena ia menulis di facebook bahwa “Tuhan tidak ada”. Ia bisa dijatuhi hukuman penjara lima tahun.

Alexander Aan (31 tahun) ditangkap polisi Jumat lalu menyusul kegemparan di Sumatra gara-gara berita yang dimuat di facebook tersebut. Di perjalanan menuju kantornya Alexander diserang masa yang marah-marah.

KEYAKINAN ILEGAL

Indonesia, negara yang berpenduduk mayoritas muslim itu, hanya mengakui lima agama selain Islam. Ateisme dilarang. Sang PNS ditahan karena ia menggunakan jejaring sosial untuk menyebarkan keyakinan ilegal, demikian tegas Kapolres Dharmasraya AKBP Chairul Azis.

Alexander juga dituduh berbohong saat melamar menjadi PNS, karena ia menyebut dirinya seorang muslim. Demikian tulis situs online Belanda, nu.nl.

Koran cetak Belanda De Volkskrant menambahkan, Alexander sebenarnya ditangkap hari Kamis. Waktu itu dikatakan polisi mau melindunginya dari kemarahan massa. Jumat, penangkapan preventif itu diubah menjadi penahanan.

SULUT KERESAHAN

Selain dituduh melakukan pelecehan agama, Alexander juga dituduh menyulut keresahan di kalangan warga. Jumat lalu jumlah fans halaman facebook “Ateis Minang” milik Alexander Aan mencapai 1293.

Di kartu penduduk Alexander terulis Islam sebagai agama. Di dokumen resmi, agama harus ditulis. Pilihannya terdiri dari enam agama yaitu Islam, Katolik, Protestan, Budha, Hindu dan Konghucu.

Warga yang mencantumkan agama lain, tidak bisa menjadi PNS. Demikian tulis De Volkskrant.

Orang Indonesia tampaknya semakin banyak yang ateis, terutama yang tinggal di luar negeri. Malah sudah ada semacam gerakan dan pengikutnya bertambah banyak. Mereka menginginkan agar Indonesia sebaiknya menjadi negara sekuler saja.

“Banyak orang support terhadap grup kami dan banyak yang mendukung pula agar Indonesia lebih ke arah sekuler,” demikian ditegaskan Karl Karnadi dari kelompok Indonesia Atheist kepada Radio Nederland beberapa saat silam. (RNW/dms)

  • Ardana Diki

    yg ber agama belum tentu berprilaku lebih baik dari orang atheist .jadi mau dia nyembah pohon ,batu mobil asal baik dengan sesama manusia ga masalah

  • indiana jones

    Dalam kehidupan masyarakat, orang yang mengaku beragama sering melakukan hal-hal yang tidak bisa diterima akal termasuk diluar agamanya… Pertentangan antar umat beragama membuat orang menjadi lebih resah dibandingkan dengan isu atheis…

    • Qodak

      Kalu orang itu hanya mengaku-ngaku beragama pada hal hatinya atheis…..sebabkalu beragama harus satu nya kata ajaran, ucapan dan perbuatan