Sunday, 15 September 2019

Akibat Cuaca Buruk Nelayan Tak Bisa Melaut

Kamis, 26 Januari 2012 — 8:43 WIB
tak-melaut-1

SURABAYA(Pos Kota)-Cuaca buruk berupa gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi di berbagai daerah termasuk kawasan wilayah laut utara Kabupaten Tuban Jawa Timur, memaksa nelayan untuk tidak bisa melaut, karena takut menjadi korban gelombang besar.

Sejumlah nelayan yang berada di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban menyatakan bahwa mereka sekarang sudah banyak yang beralih profesi untuk sementara misalnya jadi kuli tani dan narik becak atau jadi pekerja serabutan. Pasalnya setelah beberapa hari tidak melaut, mereka sekarang kesulitan untuk makan sehari-hari.

“Ditengah gelombangnya juga sangat tinggi Mas, kalau kita tetap melaut kita kawatir istri kita nanti malah jadi janda,” ujar, Ghofur,45, salah satu nelayah setengah bergurau.

Seperti diungkapkan oleh nelayan yang lain, bahwa cuaca buruk berupa angin kencang yang terjadi di lautan itu mengakibatkan gelombang tinggi hingga mencapai 4 meter hingga 6 meter. “Jika kita sudah bergerak ke tengah sekitar 10 mil dari darat itu gelombangnya sudah sangat tinggi, kita tidak mungkin bisa selamat,” ungkap Hartono, yang juga nelayah di kawasan tersebut.

Menurut nelayan, gelombang tinggi tersebut sudah terjadi sekitar satu minggu terakhir ini, sebelumnya pada awal bulan ini sempat terjadi gelombang besar namun sebagian dari mereka masih ada yang berani untuk mencari ikan. “Kemarin kita masih berani untuk melaut, sekarang sekitar satu minggu ini kita tidak ada yang berani sama sekali untuk melaut,” tambah Hartono, Kamis(26/1).

Sementara itu, meski berhenti melaut sebagian dari mereka harus tetap berjaga di pinggir pantai untuk menjaga perahu dan peralatan tangkap ikan jika sewaktu-waktu disapu ombak besar para nelayah langsung bisa untuk diselamatkan.Inilah yang memperburuk keadaan ekonomi nelayan.(nurqomar/b)