Friday, 21 September 2018

Angin Kencang Hantui Warga Sukabumi

Kamis, 26 Januari 2012 — 22:40 WIB
angin-sub

SUKABUMI (Pos Kota) –  Warga Sukabumi, Jawa Barat dihantui rasa cemas. Penyebabnya, beberapa hari terakhir wilayahnya dilanda hujan disertai angin kencang. Terlebih, di beberapa kecamatan di Sukabumi angin kencang merusak puluhan rumah.

“Sudah beberapa hari angin kencang terus terjadi. Malah, kami takut angin kencang itu ketika hujan. Apalagi di beberapa daerah lain masih di Sukabumi angin kencang sudah merusak puluhan rumah,” aku Ardiansyah, warga Kecamatan Gunungguruh kepada Pos Kota, Kamis (26/1/2012).

Sehari sebelumnya, puluhan rumah di tiga kecamatan berbeda di Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan akibat diamuk angin puting beliung. Bahkan, angin puting beliung merobohkan pohon dan merusak satu unit sekolah.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) memprediksi angin kencang masih akan terus melanda wilayah Sukabumi. Penyebabnya, tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah utara Australia. Sehingga tekanan rendah itu dapat mempengaruhi kecepatan angin sehingga menimbulkan angin kencang yang bisa saja disertai hujan deras.

Staf Data dan Informasi BMKG setempat Leni Cantika menjelaskan sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan angin kencang itu sampai kapan berhentinya.  Dari data prakiraan cuaca BMKG, sejak Kamis hingga Jumat (27/1) Sukabumi dan Palabuhanratu akan dilanda hujan sedang dengan kelembaban 68-96 persen dan kecepatan angin 25 km/jam, serta arah angin menuju barat.

(sule/sir)