Friday, 16 November 2018

Bukan Betawi Asli Boleh Masuk Iwarda

Kamis, 26 Januari 2012 — 12:59 WIB

MEMASUKI era reformasi di tahun 1998, Ikatan Warga Djakarta (Iwarda) tak lagi terlalu berafilasi ke Partai Golkar. Dalam eksistensinya memilih jalur independent. Para anggota dibebaskan untuk masuk atau menjadi anggota partai politik lain.

Dijelaskan H. Effendy Yusuf SH, Ketum Iwarda, pada masa kurun waktu 1971 – 1990 para anggotanya begitu eksis dan dominan. Bahkan tidak sedikit dari mereka  menduduki kursi legislatif DPRD beberapa kali periode. Setelah itupun menempuh jenjang ke legislatif di tingkat pusat DPR RI.

Tokoh Betawi semacam Rusdi Saleh, selain pernah duduk di DPRD juga ke tingkat DPRI. Termasuk H. Effendy  sendiri yang pernah jadi anggota DPR RI periode 1982, 1987 sampai 1992. Pada saat itu organisasi sosial politik Golkar melihat betapa banyak tokoh-tokoh Betawi yang lebih cenderung berkiprah di Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Jika sekarang Iwarda memilih jalur independent, karena  ingin lebih terlihat eksistensinya di dalam memberikan kontribusi nyata pada bangsa dan negara.” Memberikan kebebasan mutlak sepenuhnya pada anggota. Yang terpenting peningkatan kuliatas SDM para anggota Iwarda dapat tercapai,” papar H. Effendy lagi.

Dijelaskan saat ini tidak kurang dari 600 ribu anggota Iwarda yang tersebar di 5 wilayah DKI Jakarta. Penambahan anggota pun bakal dicapai jika di Kepulauan Seribu sebentar lagi bakal terbentuk. Namun dalam pembentukan Korwil Jakarta Barat yang diketuai Aliman Aat.

Iwarda yang kini bersekretariat di Jalan Bangunan Timur No. 10 Gang Kemiri II Kampung Ambon, Kayu Putih, Jakarta Timur, tetap membuka peluang bagi masuknya atau bergabungnya para anggota baru. Bahkan kini tidak terbatas bagi kalangan orang Jakarta atau Betawi saja. “Yang penting mereka sudah menjadi warga Jakarta,” tambahnya.

Dalam kaitan jelang Pilkada DKI Jakarta tahun 2012 ini, Iwarda telah mewacanakan sekaligus mendukung tokoh-tokoh Betawi yang ada. Dua di antaranya Dr. Ing. H. Fauzi Bowo yang kini masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan H. Nachwori Ramli yang kini Ketua DPD Partai Demokrat.

“Bahkan kami ingin menyandingkan mereka sebagai pimpinan ideal di masa depan di DKI Jakarta,” tuturnya.(santosa/soes)

  • PPLKEDOYASELATAN

    IWARDA ADALAH ORGANISASI YG MENGEDEPANKAN KESEJAHTRAAN RAKYAT MELALUI KOPERASI KURMA (KOPERASI USAHA RAKYAT MANDIRI) YG BERMAKNA (KURMA) KUBERIKAN UNTUK RASULNYA DAN MENCINTAI ALLAH DAN MUDAH2AN MENJADI AMANAH BAGI SELURUH ANGGOTANYA DAN MASYARAKAT PADA UMUMNYA AMIIIIIN SALAM PERSAUDARAAN UNTUK SELURUH ANGGOTA IWARDA TERTANDA AHMAD SUNANDI.AS DIVISI PENGEMBANGAN USAHA JAKARTA BARAT