Sunday, 18 November 2018

El Clasico Jilid III Imbang, Barca Melenggang

Kamis, 26 Januari 2012 — 9:10 WIB
barca-sub

BARCELONA (Pos Kota) – Partai El Clasico jilid III antara Barcelona kontra Real Madrid pada leg kedua babak perempatfinal Copa del Rey di Camp Nou, Kamis (26/1) pagi WIB, berakhir imbang 2-2. Namun hasil itu memantapkan langkah Barcelona untuk melenggang ke babak semifinal karena unggul dengan agregat kemenangan 4-3, usai menang 2-1 pada leg pertama.

Di semifinal pada 1 dan 8 Februari 2012 mendatang, Barcelona akan menanti pemenang antara Levante atau Valencia yang bentrok pada Jumat (27/1) dinihari nanti. Sebaliknya, kekalahan yang ditelan Madrid membuat mereka tersingkir, sekaligus gagal mempertahankan gelar Copa del Rey yang diraih skuad asuhan Jose Mourinho itu musim lalu. Aroma bakal tersingkirkanya Madrid, sebenarnya sudah mulai tampak di penghujung babak pertama.

Hal itu terlihat setelah Barcelona sanggup mencetak dua gol dalam kurun waktu dua menit, jelang turun minum. Setelah kedua tim sama-sama memperagakan permainan alot selama pertandingan, Barcelona akhirnya bisa memecah kebuntuan berkat gol Pedro Rodriguez, usai menyambar umpan Lionel Messi di menit ke-43. Gol itu sekaligus merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Barcelona.

Messi dkk bahkan sanggup menggandakan keunggulan, dua menit berselang. Kali ini lewat usaha Daniel Alves saat melepaskan tendangan keras setelah menyambar bola nyasar di luar kotak penalti Madrid. Gol itu sekaligus menyudahi babak pertama dengan skor 2-0 untuk keunggulan El Barca. Namun El Real bangkit dan berhasil memperkecil ketinggalan berkat gol Cristiano Ronaldo di menit ke-68 dengan memanfaatkan umpan Jose Maria Callejon.

Rasa percaya diri para pemain Madrid kian membumbung tinggi saat mereka bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-72. Kali ini lewat gol Karim Benzema yang lagi-lagi dicetak usai memanfatkan umpan Callejon. Sayang, Madrid harus menerima kerugian setelah dipaksa bermain dengan 10 orang, akibat kartu kuning kedua Sergio Ramos di menit ke-89. Situasi itu dimanfaatkan Barcelona untuk mempertahankan skor 2-2 hingga laga usai.

Pada laga lainnya di hari yang sama, Athletic Bilbao mempertegas dominasi mereka atas Real Mallorca setelah menang 1-0 pada leg kedua berkat gol bunuh diri Ivan Ramis (76′) di Iberostar Estadio. Dengan hasil itu Bilbao lolos ke semifinal untuk meladeni Mirandes yang sebelumnya menyingkirkan Espanyol dengan agregat 3-3. Mirandes melenggang, berkat produktifitas gol pada leg pertama di laga tandang.

(junius/sir)