Senin, 05 Desember 2016

Empat Kawasan Industri Besar di Cikampek

Kamis, 26 Januari 2012 — 16:18 WIB
sorot1

SETELAH adanya Jalan Tol Jakarta – Cikampek sepanjang 73 km yang mulai beroperasi sejak 1988, melewati sebagian wilayah Kota Jakarta Timur, Kota/Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Purwakarta, perkembangan pembangunan di wilayah yang terlewati jalan tol tersebut berkembang pesat, termasuk Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Sumber pendapatan utama Cikampek ini adalah perindustrian,  pertanian dan, perdagangan. Cikampek dikenal sebagai Sentra Perdagangan dan Industri  yang ada di wilayah timur Kabupaten Karawang. Warga Cikampek sebagian besar adalah pedagang, karyawan pabrik, pegawai negeri dan swasta.

Di Wilayah Kecamatan Cikampek terdapat  empat kawasan industri besar, yaitu, Kota Bukit Indah (sebagian masuk Kabupaten Purwakarta dan sebagian Cikampek) – Interchange GT Kalihurip Cikampek Barat,  Kawasan Industri Autocar Cikampek – Interchange

GT Kalihurip Cikampek Barat, dan Kawasan Industri Indotaisei – Interchange GT Kalihurip Cikampek Barat, serta Kawasan Industri Kujang Cikampek (PT Pupuk Kujang),  Jl. Ahmad Yani, Dawuan Tengah.

Cikampek salah satu dari 30 kecamatan di Kabupaten Karawang, karena cukup padat penduduknya kemudian dimekarkan menjadi tiga kecamatan yaitu Kecamatan Cikampek, Purwasari, dan Kotabaru.

Cikampek merupakan kota yang dilalui jalur strategis, yaitu jalur utama Pantura dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di daerah ini terdapat stasiun besar yang menghubungkan kereta api antara Jakarta – Bandung dan Jakarta Cirebon.

TERMINAL TIPE A

Untuk melayani kebutuhan transportasi darat, seiring sedang dibangunnya Jalan Tol Cikampek – Palimanan dan akan dibangunnya Pelabuhan Peti Kemas di Desa Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran yang luas lokasinya empat kali lipat dari Pelabuhan Tanjung  Priok, serta akan dibangun Pelabuhan Udara (Bandara)  di Kecamatan Ciampel, yang lokasinya berada tidak jauh dari Kecamatan Cikampek.

Dalam waktu dekat, Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, merencanakan membangun terminal angkutan darat Tipe A, yang pembangunannya akan menggunakan sebagian areal seluas lima hektar di bekas kawasan pabrik mobil Timor di Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), R. Tedja Suria, SH, didampingi Nugraha, sekretarisnya mengungkapkan, Karawang akan dijadikan Gerbang Megapolitan, jadi pembangunan terminal harus segera terwujud.

“Karena strategis, Cikampek sekarang diburu para investor. Berdasasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Jawa Barat, justru Cikampek akan menjadi pusat kegiatan wilayah, karena berada di daerah strategis sebagai Segitiga Emas, ” tambah  Nugraha. (nourkinan/ds/soes)

Terbaru

Sejumlah rombongan dari organisasi kesehatan dunia seperti GAVI, WHO dan Unicef bersama Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany usai melihat pelayanan kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Perigi, Pondok Aren. (anton)
Senin, 5/12/2016 — 11:09 WIB
Tim WHO dan GAVI Tinjau Puskesmas Perigi Tangsel
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bersama Ketua DPRD setempat u M. Romlie dan wakil ketua DPRD setempat usai pengesahan Raperda APBD tahun 2017. (anton)
Senin, 5/12/2016 — 11:04 WIB
Disahkan DPRD
APBD Tangsel Tahun 2017 Rp 3,2 Triliun
2NE1. (ist)
Senin, 5/12/2016 — 11:03 WIB
Mantan Personel 2NE1 Coba Move On
Wakil Presiden Filipina, Leni Robredo. (reuters))
Senin, 5/12/2016 — 11:00 WIB
Wakil Presiden Filipina Lepas Satu Jabatan
Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Rumah Lembang.(ikbal)
Senin, 5/12/2016 — 10:46 WIB
Ahok Sebut Pejabat Terkutuk Jika Langgar Sumpah