Monday, 19 November 2018

Azarenka Juarai Australia Open

Sabtu, 28 Januari 2012 — 19:00 WIB

MELBOURNE (Pos Kota) –Petenis Belarusia, Victoria Azarenka akhirnya merengkuh title grand slam pertamanya di ajang turnamen Australia Open 2012. Di partai puncak yang digelar di Rod Laver Arena, Sabtu (28/1/2012) Azarenka membungkam si cantik asal Rusia, Maria Sharapova dua set langsung 6-3 dan 6-0 dengan durasi 81 menit.

Atas kemenangan itu, Azarenka bukan hanya berhak atas hadiah Rp21,99 miliar, tapi juga rangkingnya langsung meroket menempati posisi teratas dunia mengkudeta Caroline Wozniacki yang selama ini bertahta di rangking 1 dunia.

“Ini sungguh di luar dugaan. Bahkan saya sempat grogi. Untungnya saya bisa menenangkan perasaan,” ungkap Azarenka.

Awalnya, Sharapova sempat menjanjikan angin surga ketika memimpin 2-0 di set pertama. Sayangnya petenis jelita asal Rusia itu tidak konsisten, sehingga Azarenka bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dan terus melesat dengan skor 6-3.

Menang di set pertama, rasa percaya diri Azarenka semakin tumbuh. Dengan tenang dia melayani bola-bola tajam dari Sharapova yang mulai terlihat kedodoran. Sedang Azarenka memanfaatkan banyaknya unforced error yang dibikin Sharapova sehingga skor telak tercipta 6-0 untuk ketangguhan si pendatang baru dalam merengkuh trofi grand slam. Dia sukses memaksa Sharapova untuk harus puas menjadi runner-up tahun ini.

“Dengan modal ketenangan dan memanfaatkan kesalahan lawan saya bisa mendapatkan title ini. Saya senang, saya bahagia,” seru petenis berusia 22 tahun itu.

Sebetulnya, Azarenka kontra Sharapova sudah bentrok selama 6 kali. Skor berimbang, sama-sama memetik kemenangan 3 kali. Tapi itu di luar grand slam.

Pertemuan pertama terjadi di babak kedua Piala Kremlin, hampir lima tahun lalu. Ketika itu Azarenka berhasil mengalahkan Sharapova dua set langsung 7-6 6-2.

Dua pertemuan berikutnya Sharapova berjaya di ronde kedua dalam dua event yang berbeda yakni di LA Women’s Championship dan China Terbuka dalam tiga set.

Tahun 2010, Azarenka mencuri titel juara dari Sharapova usai memenangi final Standford Classic 6-4 6-1. Sedangkan pada tahun lalu, kedua petenis dua kali bertemu dan saling berbagi kemenangan, Azarenka mengalahkan Sharapova di semifinal Miami Open 6-1 dan 6-4. Lalu Sharapova membalas di perempatfinal Roma Terbuka.

Tapi di grand slam Australia Open tahun ini, Sharapova harus puas menerima hadiah 1,15 juta dollar Australia atau sekitar Rp10,99 miliar sebagai runner-up.

Sementara itu di ganda putra, duo asal Inggris, Liam Broady dan Joshua Ward-Hibbert sukses meraih gelar ganda putra Australian Open 2012 setelah di final menggasak pasangan Adam Pavlasek dari Republik Ceska dan Filip Veger (Kroasia) dengan skor 6-3, 6-2.

Liam dan Joshua benar-benar tampil tanpa cela. Keduanya tidak pernah menghadapi break point sepanjang pertandingan, dan hanya kehilangan lima poin dari serve yang dilakukan lawannya.

(ali nurdin/sir)

  • Bayudefrico

    yaah…maria kalah…..