Senin, 26 September 2016

Mantan Direktur PDAM Dan Pengusaha Ditahan Jaksa

Sabtu, 28 Januari 2012 — 0:26 WIB
ilusmantan

KARAWANG (Pos Kota) –  Mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum Karawang, Open Supriadi, dituduh  menyelewengkan uang perusahaan Rp 500 juta, setelah diperiksa di Kantor Kejaksaan Negeri Karawang, ditahan di penjara LP Warung Bambu, sebagai tahanan titipan kejaksaan.

Selain Open Supriadi, jaksa pidana khusus (pidsus) Kejari Karawang, juga menahan tersangka lainnya yaitu Rusli, Direktur Utama CV Eka Saudara, yang menjadi rekanan PDAM Karawang sewaktu dirutnya masih dijabat Open Supriadi. Sama seperti Open Supriadi, Rusli pun statusnya sebagai tahanan ditipan kejaksaan.

“Sebelum Open Supriadi dan Rusli, ditetapkan sebagai tersangka, kami telah memeriksa 15 orang saksi. Dari keterangan mereka, penyimpangan dana perusahaan itu mengarah kepada para tersangka,” ujar Kepala Kejari Karawang, Katarina Endang Sarwestri, SH. MH,  didampingi Kepala Seksi Pidana Khusus, Aji Kalbu Pribadi,SH, Jumat.

Kejari Karawang, Katarina, mengungkapkan  Open dan Rusli menjalani pemeriksaan sejak pukul 09.00 WIB  didampingi pengacaranya Asep Agustian. Pemeriksaan terhadap mereka dilakukan secara marathon hingga Kamis petang. Untuk mempermudah proses pemeriksaan lanjutan, Open dan Rusli, akhirnya ditahan dan dititipkan di LP Warungbambu, mereka dibawa dengan menggunakan mobil tahanan kejaksaan menuju Lapas tersebut sekitar pukul 17.00 WIB.

Kasus yang menjerat  Open Supriadi dan Rusli, dari adanya pengadaan genset (generator listrik)  PDAM. Namun, barang yang disuplai oleh terangka Rusli diduga kondisi barangnya tidak sesuai dengan standar harga, karena tidak dilakukan proses lelang tender.

Dalam proses pengadaan barang tersebut, Open tidak menjalankan prosedur sebagai mana mestinya. Sedangkan Rusli, sebagai penyedia genset. Seharusnya dia tahu,  pengadaan barang dengan harga di atas Rp 200 juta harus melalui proses tender.

Namun dalam kasus itu, Rusli terkesan berpura-pura tidak mengerti prosedur pengadaan barang dan jasa. ”Dari awal, proses pengadaan barang tersebut sudah menyalahi aturan,” ungkap Katarina Endang Sarwestri.

(nourkinan/sir)  

Teks Gbr- Mantan Direktur PDAM Karawang, Open Supriadi  dan Dirut CV Eka Saudara, Rusli,  dituduh menyelewengkan dana genset ditahan  PT Lapas Warung Bambu Karawang. (nourkinan)

Terbaru

Olla Ramlan bersama keluarga kecilnya. (Instagram @ollaramlanaufar)
Selasa, 27/09/2016 — 5:17 WIB
Olla Ramlan Rajin Dandani Anak
Selasa, 27/09/2016 — 5:08 WIB
Hak Pejalan Kaki Terabaikan
Rencananya telepon pintar ini akan dijual kembali pada 28 September dan kini diperkirakan paling cepat tersedia pada 1 Oktober.
Selasa, 27/09/2016 — 1:58 WIB
Samsung Tunda Lagi Penjualan Galaxi Note 7
Pengendara motor celakas akibat lubang di Jalan Thamrin Tangerang
Selasa, 27/09/2016 — 1:57 WIB
Lubang di Jalan Thamrin Ini Siap Mencelakai Pemotor
3 pasangan calon Pilkada DKI
Selasa, 27/09/2016 — 1:25 WIB
Biaya Kampanye Pilkada DKI Rp 100 Miliar