Wednesday, 21 November 2018

Telur Penyu Bebas Dijual di Sukabumi

Senin, 30 Januari 2012 — 17:33 WIB
20120130-173127.jpg

SUKABUMI (Pos Kota) – Penjualan telur penyu kembali marak di Sukabumi, Jawa Barat belakangan terakhir. Kuat dugaan, telor telur binatang yang dilindungi pemerintah tersebut berasal dari Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Dari penelusuran Pos Kota, untuk menemukan penjual penyu di Sukabumi tidak terlalu sulit. Salah satu penjualnya biasa mangkal di ruas Jalan Ridho Galih, Kota Sukabumi. Di sana harga telur penyu dijual per butirnya Rp 6 ribu.

“Telur penyu ada yang matang dan mentah, tapi harganya tetap Rp 6 ribu perbutirnya. Saya dapat telur penyu ini dari Pantai Pangumbahan,” kata Has, salah seorang penjual penyu.

Diakui Has, selain dirinya masih ada beberapa penjual telur penyu. Hanya, penjualannya tidak terlalu terbuka. Biasanya ditawarkan kepada orang yang lewat saja. Menurutnya, antusias warga membeli telur penyu cukup banyak. Soalnya, telur penyu diyakini sebagian kalangan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Banyak juga penjual telur penyu lainnya. Sama saja semua telur berasal dari Pangumbahan,” akunya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sumberdaya dan Konservasi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, Tommy Subas mengindikasikan telur penyu tersebut diperoleh di beberapa titik pendaratan penyu pada masa bertelur.

Tommy menegaskan, apabila pihaknya mengetahui adanya penjualan telur penyu akan menindak tegas. Soalnya, jelas-jelas telur penyu dilarang untuk diperjualbelikan.

“Ada delapan titik pendaratan penyu yang tidak dijaga ketat. Mungkin telur penyu itu dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk dijual kembali. Kami akan menindaktegas pencurian telur penyu ini,” ancamnya. (sule)