Tuesday, 25 September 2018

Angola Kalah, Pantai Gading Lolos ke Perempatfinal

Selasa, 31 Januari 2012 — 7:18 WIB
angola-sub

MALABO (Pos Kota) – Pantai Gading lolos ke babak perempatfinal Piala Afrika 2012 sebagai juara Grup B dengan nilai sempurna, usai mengalahkan Angola 3-0 di Nuevo Estadio de Malabo, Selasa (31/1) dinihari WIB. Hasil itu sekaligus membuat Angola harus ‘angkat koper’ dari kompetisi antarnegara dua tahunan di ‘Benua Hitam’ Afrika tersebut.

Dengan koleksi empat angka, Maroko harus puas finis di urutan ketiga Grup B setelah kalah produktifitas gol dari Sudan di posisi kedua. Sudan sendiri akhirnya lebih berhak mendampingi Pantai Gading di perempatfinal sebagai runer-up Grup B setelah menekuk Burkina Faso 2-1 pada sat yang bersamaan di Estadio de Bata. Sabaliknya, Sudan sudah lebih dulu tersingkir dari Piala Afrika setelah menjadi juru kunci Grup B, tanpa angka.

Manghadapi Angola, Pantai Gading yang mengemas sembilan angka sebagai juara Grup B, sebenarnya sempat mengalami kesulitan untuk memecah kebuntuan selama setengah jam pertandingan di Malabo. Namun Didier Drogba dkk akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-33, berkat gol Emmanuel Eboué, usai memanfaatkan umpan Bony Wilfried. Gol itu sekaligus membuka keunggulan Pantai Gading menjadi 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Pantai Gading kembali bisa menambah keunggulan lewat gol Wilfried di menit ke-64, sekaligus memastikan kemenangan Pantai Gading dengan skor akhir 2-0. Di Bata, Sudan yang menang tipis 2-1 atas Burkina Faso, sempat unggul 2-0 lebih dulu berkat dua gol Mudathir El-Tahir pada menit ke-33 dan ke-80. Namun Burkina Faso akhirnya bisa memperkecil kekalahan menjadi 1-2 lewat satu-satunya gol balasan Moumouni Dagano di penghujung laga.

Di babak perempatfinal 4 dan 5 Februari 2012 mendatang, Sudan akan bertemu Zambia yang lolos dengan prdikat juara Grup A. Sementara Pantai Gading bentrok dengan tuan rumah Equatorial Guinea (Giunea Khatulistiwa) sebagai runner-up Grup A.

(junius/sir)