Tuesday, 13 November 2018

Gabon-Tunisia, Saling Jegal Demi Juara Grup

Selasa, 31 Januari 2012 — 9:05 WIB
tunisia-sub

FRANCEVILLE (Pos Kota) – Setelah sama-sama memastikan tiket ke babak perempatfinal Piala Afrika 2012, Gabon dan Tunisia bakal bentrok pada laga pamungkas Grup C di Stade de Franceville, Rabu (1/2) dinihari nanti. Skenario saling jegal akan mewarnai duel kedua tim demi menghindari kekalahan guna mengantongi tiket sebagai juara Grup.

Bisa melangkah ke babak perempatfinal dengan status sebagai juara grup, akan memberikan pengaruh besar bagi perjalanan kedua tim di kompetisi antarnegara dua tahunan di ‘Benua Hitam’ Afrika tersebut. Bagi Gabon, status itu akan menghindari perjalanan mereka ke Equatorial Guinea (Guinea Khatulistiwa), jika mampu mencapai hingga ke babak semifinal. Selain itu, tiket sebagai juara Grup C juga membuat kedua tim bisa menghindari Ghana.

Maklum, Ghana yang merupakan salah satu tim favorit di Piala Afrika tahun ini, diprediksi bisa melaju ke perempatfinal sebagai juara Grup D untuk bertemu runner-up Grup C. Hal itulah yang membuat Gabon dan Tunisia bakal memanfaatkan segala skenario selama 90 menit demi meraih kemenangan dinihari nanti. Sekedar dicatat, baik Gabon dan Tunisia pernah bertemu pada Piala Afrika Angola pada babak penyisihan grup, 7 Januari 2010 lalu.

Saat itu kedua tim bermain imbang sama kuat tanpa gol. Kali ini keduanya akan kembali bertemu setelah mencatat enam angka di MEMIMPIN Grup C. Namun Gabon unggul produktifitas gol dari Tunisia kini, disusul Maroko dan Niger, tanpa angka. Artinya, kedua tim sudah tidak mungkin lagi bisa dikejar oleh Maroko dan Niger yang akan bentrok di hari yang sama.

Pelatih Maroko, Eric Gerets bahkan sudah mengucapkan salam perpisahan pasca timnya menyerah 2-3 secara dramatis oleh Gabon, beberpa waktu lalu. “Kami harus mengucapkan selamat kepada Gabon, Mereka bermain tanpa kenal lelah dan membuat kami harus tersingkir dari kompetisi ini lewat gol pemuangks di penghujung laga,” tandas Gerets yang saat ini terancam dipecat, seperti yang dilansir AP.

(junius/sir)

REKOR PERTEMUAN:
17-01-10, Gabon v Tunisia 0-0

PRAKIRAAN PEMAIN:
Gabon (4-2-3-1): Ovono (kiper); Mouele, Apanga, Ebanega, Moussono; Poco, Moubamba; Aubameyang, Madinda, N’Guema; Cousin.
Tunisia (4-2-3-1): Mathlouthi (kiper); Boussaidi, Ifa, Abdennour, Chammem; Ragued, Saihi; Msakni, Ben Yahia, Jemaa; Khelifa.