Sunday, 18 November 2018

Mirandes Vs Athletic Bilbao, Misi Mempertegas Kelas

Selasa, 31 Januari 2012 — 7:30 WIB
mirandes-sub

MIRANDA (Pos Kota) – Athletic Bilbao sekali lagi mampu menembus semifinal Copa del Rey atau Piala Raja sejak 2009 lalu. Kali ini Bilbao akan mendapat ujian untuk mengatasi hadangan Mirandes pada leg pertama di Estadio Municipal de Anduva, Rabu (1/2) dinihari WIB.

Tidak hanya sekedar menang, Bilbao harus mampu mempertegas kelasnya sebelum membuktikan integritas mereka sebagai pesaing terberat Barcelona di kompetisi kedua negeri Matador Spanyol tersebut.

Seperti yang diketahui, bersama Barcelona dan Real Madrid, Bilbao adalah satu di antara ketiga tim yang belum pernah terdegradasi dalam sejarah klub di pentas La Liga Spanyol. Bilbao bahkan mampu mengungguli Madrid dalam hal pengumpulan gelar di ajang Copa del Rey. Jika Madrid hanya mampu mengoleksi 18 trofi, Bilbao sudah mengumpulkan 23 gelar. Sedangkan Barcelona menjadi tim yang paling banyak menyandang gelar juara di Copa del Rey dengan 25 trofi.

Kali ini,Bilbao dan Barcelona berpeluang bertemu di partai puncak sebagai ulangan final Copa del Rey di Estadio de Mestalla, dua tahun lalu, dimana saat itu El Barca sukses mengangkat trofi ke-25 mereka dengan menaklukkan Bilbao 4-1. Namun sebelum itu terjadi kedua tim harus sanggup melewati hadangan lawan-lawan mereka di semifinal. Bilbao mendapat ujian untuk menghentikan kejutan Mirandes, sementara Barcelona mendapat tantangan dari Valencia.

Meladeni Mirandes di Municipal de Anduva pada leg pertama, jelas bukan perkara mudah bagi Bilbao. Maklum, meski Mirandes tampil bukan sebagai tim unggulan, namun tim dari Segunda B, kompetisi liga kasta ketiga di Spanyol itu, mampu menyingkirkan Villarreal, Racing Santander, dan Espanyol untuk bisa melangkah ke semifinal. Apalagi Bilbao dan Mirandes belum pernah bentrok di berbagai kompetisi, meski duel kedua tim nanti bertajuk derby provinsi (daerah).

Belum lagi motivasi tinggi yang dimiliki anak-anak asuh Carlos Pouso patut diwaspadai Bilbao pada laga nanti. Maklum, ini untuk pertama kalinya Mirandes mampu menembus babak semifinal dalam sejarah klub. “Kami sukses menempatkan Miranda de Ebro di peta. Kota ini tengah menghadapi krisis pengangguran yang parah jadi kami sangat termotivasi untuk bermain dan memberikan kegembiraan bagi para pendukung kami.” tandas bek Mirandes, Cesar Caneda.

Mirandes tampaknya masih akan menggunakan skema 4-2-3-1, dengan kemungkinan kembali mengandalkan sang kapten Pablo Infante untuk mengedor lini serang mereka. Sedangkan Bilbao yang kemungkinan menggunakan skema 4-1-4-1, akan banyak bertumpu pada kuartet Ander Herrera, Óscar de Marcos, Iker Muniain, dan Markel Susaeta untuk mengimbangi permainan menyerang dan bertahan di lini tengah, ala racikan pelatih Marcelo Bielsa.

(junius/sir)

PRAKIRAAN PEMAIN:
Mirandés (4-2-3-1): Nauzet (kiper); Garmendia, Caneda, Corral, Raúl García; Garro, Martins; Iribas, Mújika, Infante; Alain.
Bilbao (4-1-4-1): Iraizoz (kiper); Aurtenetxe, Amorebieta, Javi Martínez, San Jose; Iturraspe; Herrera, De Marcos, Muniain, Susaeta; Llorente.