Sunday, 15 September 2019

Pangarmabar Buka Rapat Staf dan Komando Jajaran Koarmabar

Selasa, 31 Januari 2012 — 7:50 WIB
armabar-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Didit Herdiawan, M.P.A. M.B.A., membuka Rapat Staf dan Komando (Rasko) jajaran Koarmabar dalam suatu acara pembukaan di Gedung Olahraga O.B. Syaaf Markas Komando (Mako) Koarmabar Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Pangarmabar mengatakan, penyelenggaraan Rasko jajaran Koarmabar tahun 2012 merupakan bagian dari fungsi pembinaan Pangarmabar untuk menindaklanjuti dengan penjabaran hasil Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Rapim TNI Angkatan Laut.

Penyelenggaraan Rasko kali ini bertemakan  “Dengan Semangat Baru Koarmabar Siap Mewujudkan Tekat TNI Angkatan Laut  Untuk Menuntaskan Reformasi Birokrasi Dan Pembangunan Kekuatan Pokok Minimum Menuju Terwujudnya TNI Angkatan Laut Yang Handal Dan Disegani”, merupakan momentum yang sangat penting dan strategis.

Melalui forum ini, akan mengevaluasi program kerja dan anggaran  tahun 2011 jajaran Koarmabar sekaligus sebagai media untuk menerima masukan perkembangan terbaru situasi di lapangan serta ide-ide segar, menyatukan visi, misi dan persepsi guna menindaklanjuti pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI/TNI Angkatan Laut tahun 2012.

Selanjutnya dikatakan Pangarmabar, sebagai flashbacks tahun 2011 dari berbagai kegiatan yang telah diprogramkan banyak kemajuan yang telah dicapai pada program kerja tahun 2011, Semua ini tidak terlepas dari kesungguhan dan kerja keras serta manajemen yang baik dari pengawak jajaran Koarmabar dan diiringi dengan pengawasan serta pemeriksaan secara terus-menerus. Namun demikian, harus disadari  bahwa masih terdapat sisi-sisi yang harus disempurnakan dan dioptimalkan di tahun 2012 baik yang berkaitan dengan sumber daya manusia, administrasi, operasional, alat utama sistem senjata (Alutsista) maupun anggaran dan permasalahan lainnya.

Untuk itu, Pangarmabar mengingatkan agar pada tahun 2012 ini, benar-benar menyusun perencanaan dengan matang dan sebaik-baiknya serta tetap diikuti dengan pengawasan yang melekat disetiap satuan kerja, sehingga tidak ada penyimpangan-penyimpangan yang dapat menimbulkan kerugian negara.

“Saat ini, kita memasuki tahun ketiga dalam Renstra II tahun 2010 – 2014 yang merupakan tahap lanjutan pembangunan kekuatan pokok minimum dan untuk program kerja tahun 2012, pemimpin TNI telah menetapkan kebijakan untuk melanjutkan reformasi birokrasi dan pembangunan kekuatan kebijakan pokok minimum TNI”, jelas Pangarmabar.

Menurut Pangarmabar, bertolak dari kebijakan pembangunan TNI  Angkatan Laut tahun 2012 yang dikelompokkan dalam lima bagian besar meliputi : Sasaran pembangunan TNI. Angkatan Laut tahun 2012;  Kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut tahun 2012; Kebijakan penggunaan kekuatan TNI Angkatan Laut tahun 2012; Kegiatan prioritas pembangunan TNI Angkatan Laut tahun 2012 dan Rencana anggaran TNI Angkatan Laut tahun 2012.

Lebih lanjut, Pangarmabar menyampaikan penekanan Panglima TNI  sebagai pedoman dan dasar melaksanakan tugas ke depan dan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut yang perlu diambil langkah nyata dan konsisten.

Banyak hal baik merupakan harapan, himbauan dan penekanan dari pemimpin yang dapat dilakukakan oleh Koarmabar sebagai implementasi kebijakan antara lain operasi pengamanan perbatasan dengan negara tetangga, pengamanan pulau-pulau terluar, patroli laut serta patroli terkoordinasi yang diprioritaskan di Perairan Selat Malaka, Kepulauan Riau dan sepanjang Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I.

Namun demikian dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis, Koarmabar masih menghadapi berbagai kendala dalam upaya pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar operasi. Dengan adanya kendala-kendala tersebut, maka tantangan tugas Koarmabar ke depan semakin berat, untuk itu seluruh jajaran Koarmabar harus mampu mengembangkan kreatifitas dan inovasi serta melakukan upaya-upaya cerdas dan nyata, dalam meminimalkan kendala-kendala yang terjadi, ujar Pangarmabar.

Pembukaan Rasko tersebut dihadiri Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Herry Setianegara, S.Sos, SH, MM., Komandan Guspurlaarmabar, Komandan Guskamlaarmabar, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) I, II, III dan IV, para Pejabat Teras Koarmabar, Komandan Satuan dan Komandan Lanal serta Komandan KRI di bawah jajaran Koarmabar.

Kepala Dispenarmabar

Agus Cahyono
Letkol Laut (KH) NRP. 10881/P

Teks Gbr-Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Didit Herdiawan, M.P.A. M.B.A., saat memasuki  Gedung Olahraga O.B. Syaaf  untuk membuka Rapat Staf dan Komando (Rasko) jajaran Koarmabar.  (dispenarmabar)