Thursday, 20 September 2018

Thomas Cup di Grup Aman

Selasa, 31 Januari 2012 — 8:07 WIB
bulutangkis-sub

JAKARTA (Pos Kota) –Tim Thomas Indonesia sedikit bernafas lega. Di babak kualifikasi, memimpin grup B yang dihuni Singapura, India dan tuan rumah Macau yang notabenenya bukanlah lawan yang mencemaskan.

Menempati unggulan 4, Simon Santoso cs berpotensi melaju ke babak perempatfinal jika melibas teman-temannya satu grup, atau berada pada posisi runner-up.

Sedang Uber Cup, Indonesia berada satu grup dengan Thailand, Sri Langka dan Kazakstan. Di grup Y ini Thailand menempati unggulan 4 sekaligus pesaing kuat untuk Adrianti Firdasari cs.

Menurut Mochammad Feriansyah, manajer tim Thomas dan Uber Indonesia, pihaknya tidak pernah memandang remeh siapa pun lawan yang akan dihadapi di babak kualifikasi nanti.

“Memang di atas kertas, tim Thomas kita berada dalam grup relative aman. Tapi ini adalah permainan. Apapun bisa terjadi. Karena itu selalu kami ingatkan, agar jangan ada satu pun yang meremehkan lawan. Lolos di grup, berarti tiket perempatfinal di tangan, sebab ada 5 negara yang akan lolos menuju Wuhan,” jelas Feriansyah pada Pos Kota.

Sedang Uber Cup, termasuk dalam grup sulit karena ada Thailand yang bercokol di unggulan 4. Biar begitu, semangat untuk menang tetap tertanam dalam tekad Firdasari, Lindaweni, Maria Febe, Belatrix Manuputty serta pasangan Greysia Polii/Meiliana Jauhari, Nitya Krishinda/Anneke Feinya dan cadangan Lilyana Natsir/Shendy Puspa.

“Dalam kondisi dan situasi apapun, kita harus tetap optimis, bahwa tim Uber kita bisa memberi kejutan. Seperti dua tahun lalu, tim Uber kita mampu menembus semifinal. Padahal ketika itu kalau tak salah kita nggak ada target dengan posisi kedua satu grup dengan Korea Selatan yang menempati unggulan teratas grup X dan kita mampu jadi juara grup setelah mengalahkan Korea. Itu kejutan, dan kali ini kita mesti optimis tim Uber juga bakal bisa menundukkan Thailand sebagai pesaing terberat di grup untuk melaju ke semifinal,” beber Feriansyah lagi.

Sedang tim Thomas diperkuat Simon Santoso, Taufik Hidayat, Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka dan pasangan Bona Septano/Mohammad Ahsan, Alvent Yulianto/Hendra AG serta cadangan Markis Kido/Hendra Setiawan.

Sementara itu menurut Mayjen TNI Ricardo Siagian, kabag.humas PBSI, seluruh tim Thomas dan Uber Merah Putih sudah digojlok di markas PBSI Cipayung.

“Paling tidak, sepuluh hari sebelum kualifikasi dimulai, semua tim sudah berada di Macau. Jadi, banyak waktu untuk latihan dan penyesuaian disana. Tapi yang jelas, kita sudah mendapatkan strategi yang bagus untuk bisa lolos ke putaran final di China. Salah satunya adalah, mempertemukan lawan yang sebelumnya belum pernah ketemu. Bisa di awal laga, atau di akhir laga,” urai Ricardo pada Pos Kota.

Kualifikasi Piala Thomas dan Uber zona Asia akan digelar di Macau, 13 hingga 19 Februari 2012. Lima Tim Thomas di urutan teratas dari 15 negara, serta empat posisi teratas Tim Uber dari 14 negara, berhak maju ke putaran final yang akan berlangsung di Wuhan, China, pada 20 hingga 27 Mei mendatang.

China menempati unggulan 1 di grup A bersama Chinese Taipei dan Vietnam. Indonesia menempati unggulan 4 di grup B bersama India, Singapore dan Macau.

Grup C dipimpin sementara oleh Jepang yang menempati unggulan 3 bersama Thailand, Sri Langka dan Kazakstan. Korea menempati unggulan 2 di grup D bersama Malaysia dan Hongkong.

Sementara Piala Uber juga menempatkan China di unggulan teratas bersama India dan Malaysia di Grup A. Di grup X, unggulan 3 Chinese Taipei memimpin sementara Singapore dan Vietnam.

Grup Y menempatkan Thailand di unggulan 4, disusul Indonesia, Sri Langka dan Kazakstan. Sedang unggulan 2 Jepang satu grup dengan Hongkong dan Macau di grup Z.

Masing-masing Juara Grup dan Runner Up akan melaju ke Perempat Final. Tim yang gagal di Perempat Final bakal diundi lagi untuk menentukan Posisi 5-8 dengan sistem Robin Round.

Kualifikasi Piala Thomas dan Uber zona Asia akan digelar di Macau, 13 hingga 19 Februari 2012. Lima Tim Thomas di urutan teratas dari 15 negara, serta empat posisi teratas Tim Uber dari 14 negara, berhak maju ke putaran final yang akan berlangsung di Wuhan, China, pada 20 hingga 27 Mei mendatang.(ali nurdin)