Friday, 16 November 2018

Truk Kembali Antre di Merak

Kamis, 2 Februari 2012 — 0:53 WIB
ilustruk

MERAK (Pos Kota) – Cuaca buruk di perairan Selat Sunda mengakibatkan ribuan truk yang akan menyebrang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung tertahan di Pelabuhan Merak, Banten. Selain akibat cuaca buruk, antrian kendaraan ekspedisi ini juga disebabkan meningkat kendaraan yang akan menyeberang. Selain numpuk diareal parkir dermaga, antrian kendaraan pengangkut barang ini nampak mengular sekitar 4 km diluar Pelabuhan Merak.

Pantauan Pos Kota, antrian kendaraan angkutan barang ini mulai terjadi sejak Selasa (31/1) malam 23:00 WIB hingga tadi malam. Sebelumnya penumpukan truk ini hanya terjadi di dermaga, namun seiring dengan meningkatnya kendaraan yang akan menyeberang, antrian truk mulai keluar dermaga hingga jalur arteri Cikuasa Atas.

Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, La Mane mengatakan penyebab terjadinya antrian karena cuaca buruk dan meningkatnya jumlah kendaraan yang menyeberang ke Sumatera. Meski demikian, La Mane tidak menampik jika penumpukan kendaraan truk tersebut akibat minimnya kapal roro yang dioperasikan.

“Dari 34 unit yang kita miliki hanya 21 kapal saja yang kita operasikan. Sedangkan 13 kapal lainnya dalam perawatan,” terang La Mane, kepada wartawan Rabu (1/2).

La Mane menjelaskan, dari 13 kapal itu 4 kapal sedang melakukan docking, dua kapal mengalami kerusakan mesin, 4 kapal mengalami kerusakan ramdoor, dan sisanya mengalami kerusakan ringan pada mesin.

“Untuk yang rusak ringan, kapal-kapal tersebut bisa kembali masuk lintasan (beroperasi) karena hanya membutuhkan perbaikan 6-10 jam saja. Insya Allah antrian ini tidak sampai panjang,” tegasnya. (haryono/b)